Pengaruh model problem based learning berbantuan media augmented reality berbasis kearifan lokal gusjigang terhadap pemahaman konsep ipas Sd 3 barongan

AUFI RAHMAVEIRA, NISRINA (2024) Pengaruh model problem based learning berbantuan media augmented reality berbasis kearifan lokal gusjigang terhadap pemahaman konsep ipas Sd 3 barongan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of SURAT PERNYQATAAN] Text (SURAT PERNYQATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

pembelajaran, diukur dari hasil pemahaman konsep peserta didik. Rendahnya pemahaman konsep IPAS pada materi Sumber Energi kelas 4 SD 3 Barongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media Augmented Reality berbasis kearifan lokal GUSJIGANG berpengaruh terhadap hasil pemahaman kosep peserta didik dan seberapa besar peningkatan hasil pemahaman konsep peserta didik materi IPAS SD 3 Barongan. Media Augmented Reality berbasis kearifan lokal GUSJIGANG ini merupakan media pembelajaran yang menyediakan beberapa fitur yaitu disajikan seperti, Gus mengenai akhlak yang dapat ditiru dari cerita kearifan lokal Kudus serta disajikan gambar menganai kearifan lokal kudus, Ji ( ngaji) yang berupa materi mengenai sumber energ yang dapat dipelajari oleh siswa tidak lupa pula ditambah dengan gambar, dan Gang (dagang) berupa soal-soal. Model dan mdia tersebut akan berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik materi Bab 4 Sumber Energi Topik A Transformasi Energi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan jenis one grup pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan subjek seluruh kelas IV SD 3 Barongan yang berjumlah 15 peserta didik dengan teknik pengambilan non- probability sampling jenis sampel jenuh. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, test (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, Uji N-Gain. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model PBL berbantuan media Augmented Reality dapat memberikan perbedaan nilai rata-rata dan dapat meningkatkan hasil pemahaman konsep peserta didik. Pernyataan tersebut dapat diperoleh dari hasil uji paired sample T-Test dan uji N-Gain pada aplikasi SPSS versi 25. Pada pengujian tersebut diperoleh hasil uji paired sample T-Test dengan signifikansi 0,000 yang berati Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil N-Gain sebesar 69,2% yang berati artinya peningkatan pemahaman konsep peserta didik dapat dikategorikan cukup efektif. Simpulan dari penelitian ini yaitu : (1) penggunaan model PBL berbantuan media augmented reality terdapat perbedaan rata-rata skor yang signifikan terhadap hasil pemahaman konsep saat sebelum dan sesudah diberi perlakuan. (2) terdapat peningkatan hasil pemahaman konsep peserta didik menggunakan model PBL berbantuan media augmented reality pada Pelajaran IPAS BAB 4 Sumber Energi Topik A Transformasi Energi

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Sekar Dwi Ardianti,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Dr.Khamdun,M.Pd
Kata Kunci: Augmented Reality, Kearifan Lokal, Pemahaman Konsep
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 18:55
Last Modified: 05 Aug 2024 18:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21831

Actions (login required)

View Item View Item