AUFI RAHMAVEIRA, NISRINA (2024) Pengaruh model problem based learning berbantuan media augmented reality berbasis kearifan lokal gusjigang terhadap pemahaman konsep ipas Sd 3 barongan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYQATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
pembelajaran, diukur dari hasil pemahaman konsep peserta didik. Rendahnya pemahaman konsep IPAS pada materi Sumber Energi kelas 4 SD 3 Barongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media Augmented Reality berbasis kearifan lokal GUSJIGANG berpengaruh terhadap hasil pemahaman kosep peserta didik dan seberapa besar peningkatan hasil pemahaman konsep peserta didik materi IPAS SD 3 Barongan. Media Augmented Reality berbasis kearifan lokal GUSJIGANG ini merupakan media pembelajaran yang menyediakan beberapa fitur yaitu disajikan seperti, Gus mengenai akhlak yang dapat ditiru dari cerita kearifan lokal Kudus serta disajikan gambar menganai kearifan lokal kudus, Ji ( ngaji) yang berupa materi mengenai sumber energ yang dapat dipelajari oleh siswa tidak lupa pula ditambah dengan gambar, dan Gang (dagang) berupa soal-soal. Model dan mdia tersebut akan berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik materi Bab 4 Sumber Energi Topik A Transformasi Energi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan jenis one grup pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan subjek seluruh kelas IV SD 3 Barongan yang berjumlah 15 peserta didik dengan teknik pengambilan non- probability sampling jenis sampel jenuh. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, test (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, Uji N-Gain. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model PBL berbantuan media Augmented Reality dapat memberikan perbedaan nilai rata-rata dan dapat meningkatkan hasil pemahaman konsep peserta didik. Pernyataan tersebut dapat diperoleh dari hasil uji paired sample T-Test dan uji N-Gain pada aplikasi SPSS versi 25. Pada pengujian tersebut diperoleh hasil uji paired sample T-Test dengan signifikansi 0,000 yang berati Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil N-Gain sebesar 69,2% yang berati artinya peningkatan pemahaman konsep peserta didik dapat dikategorikan cukup efektif. Simpulan dari penelitian ini yaitu : (1) penggunaan model PBL berbantuan media augmented reality terdapat perbedaan rata-rata skor yang signifikan terhadap hasil pemahaman konsep saat sebelum dan sesudah diberi perlakuan. (2) terdapat peningkatan hasil pemahaman konsep peserta didik menggunakan model PBL berbantuan media augmented reality pada Pelajaran IPAS BAB 4 Sumber Energi Topik A Transformasi Energi
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Sekar Dwi Ardianti,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Dr.Khamdun,M.Pd |
Kata Kunci: | Augmented Reality, Kearifan Lokal, Pemahaman Konsep |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 18:55 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 18:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
