Zakiyyah,, Hana (2024) Peran guru dalam menanamkan karakter religius menggunakan pendekatan kearifan lokal peserta didik kelas 4 sdn 01 meurandeh aceh. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Guru menjadi peran utama proses pendidikan, terutama dalam pengetahuan atau keterampilan, tetapi guru juga mengarahkan peserta didik pada perilaku berkarakter religius yang terkandung dalam kearifan local. Namun, masih kurangnya karakter religius pada peserta didik dan ketidaktahuan makna dari adat/tradisi, karena perkembangan teknologi yang membuat peserta didik malas mempelajari budaya daerah. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran guru dan kendala menanamkan karakter religius berbasis kearifan lokal peserta didik kelas 4 SDN 01 Meurandeh Penanaman karakter religius diperlukan agar peserta didik memiliki jiwa religius. Peran guru menanamkan karakter religius dengan basis kearifan lokal mempunyai peran sebagai upaya mendidik generasi muda menjadi lahan potensial untuk mewariskan kearifan local. Penanaman karakter religius dengan basis kearifan local membantu peserta didik memahami makna nilai agama yang tersimpan pada budaya daerahnya untuk dapat diimplementasikan ke kehidupan sehari hari. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif naratif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi, penyajian dan verifikasi data serta kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Subjek penelitiannya adalah guru dan peserta didik. Objek penelitiannya adalah peran guru dalam menanamkan karakter religius berbasis kearifan lokal peserta didik kelas 4 SDN 01 Meurandeh Hasil yang didapatkan menunjukkan peran guru dalam menanamkan karakter religius berbasis kearifan local di SDN 01 Meurandeh Acehberbentuk antara lain, guru berperan memberikan nasihat keagamaan, pelaksana pembiasaan kegiatan agama, mengembangkan etika dan moral, dan menjadi pemberi contoh. Ditemukannya kendala yaitu, peserta didik kurang serius, malas menghafal surah, kurangnya kerjasama guru dengan orang tua, Mengenalkan kearifan local hanya saat perayaan saja. Kesimpulannya bahwa peran guru mendapatkan dampak positif, dalam penanaman karakter religius, memiliki nilai spiritual tinggi didukung oleh pendekatan pembelajaran, dan dukungan guru. Rekomendasi pemberian hukuman, reward, kerjasama orang tua, dan pengenalan kearifan local audio Visual. kesimpulan ini memberi panduan penting untuk pendidik dan sekolah dalam membentuk generasi berkarakter religius yang Tangguh.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | A. Bakhrudin, S.Pd.I., M.Pd. selaku dosen pembimbing I, Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pembimbing II |
Kata Kunci: | peran guru, karakter religius, kearifan local |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 18:56 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 18:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21832 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
