Muna,, Syarifatul. (2024) Pengembangan media “bapaguh” untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas iv sdn bulumanis kidul materi tembang macapat gambuh. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa terutama ranah kognitif siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa. Kurangnya pemahaman siswa disebabkan oleh minimnya media pembelajaran yang digunakan selama proses pembelajaran. Selain itu, siswa juga beranggapan bahwa mata pelajaran bahasa Jawa merupakan pelajaran yang susah dikarenakan terdapat banyak kosa kata yang sulit dimengerti. Kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Jawa menyebabkan penurunan hasil belajar ranah kognitif siswa kelas IV SDN Bulumanis Kidul pada materi Tembang Macapat Gambuh. Oleh sebab itu, peneliti mengembangkan media Bapaguh yang berisikan materi pembelajaran, video pembelajaran, dan latihan soal. Pengembangan media Bapaguh diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bulumanis Kidul terutama pada ranah kognitif siswa. Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh peserta didik setelah melalui kegiatan belajar mengajar. Rendahnya minat belajar siswa dapat berpengaruh besar pada penurunan hasil belajar siswa. Media Bapaguh merupakan salah satu trobosan yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa sehingga dapat berpengaruh juga pada peningkatan hasil belajar siswa terutama pada ranah kognitif siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan teknik uji one group pre-test and post-test. Subjek penelitian ini yaitu siswa Kelas IV SDN Bulumanis Kidul yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan suatu pembelajaran membutuhkan bantuan media pembelajaran yang menarik seperti media Bapaguh, dimana siswa dapat berinteraksi secara langsung. Media ini dikembangkan melalui kolaborasi antara power point i-Spring dan WEB 2 APK Builder. Hasil validasi menunjukkan nilai rata-rata ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa adalah 98%; 88%; 94% yang menunjukkan pengembangan media Bapaguh memenuhi kriteria sangat layak. Nilai pre-test dan post-test memperoleh rata-rata nilai 49,3 dan 80. Memperoleh hasil N-Gain sebanyak 0,6024 termasuk dalam interpretasi peningkatan Sedang. Respon guru dan respon siswa terhadap media Bapaguh memperoleh presentase 88% dan 94% dengan kriteria Sangat Praktis. Kesimpulan dari penelitian adalah guru membutuhkan media pembelajaran yang lebih bervariatif, sehingga peneliti mengembangkan media pendamping pembelajaran berbasis teknologi berupa media Bapaguh yang dinyatakan layak dan efektif untuk dikembangkan sebagai media pendamping pembelajaran
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DESEN PEMBIMBING 1 Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 2 Ahmad Bakhruddin, S.Pd.I., M.Pd |
Kata Kunci: | Media Bapaguh, Hasil Belajar Siswa, Tembang Macapat Gambuh Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa terutama |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 19:09 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 19:09 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
