Pengaruh model make a match berbantuan kober terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ipas kelas iv sd negeri tlogoharum 02

NUR HAYATI, TSANIA (2024) Pengaruh model make a match berbantuan kober terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ipas kelas iv sd negeri tlogoharum 02. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri Tlogoharum 02. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri Tlogoharum 02 dan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri Tlogoharum 02. Model pembelajaran Make a Match atau mencari pasangan adalah model pembelajaran kooperatif dengan cara mencari pasangan soal atau jawaban yang tepat.Pengaruh model pembelajaran Make a Match yang inovatif merupakan solusi yang sangat membantu dalam meningkatkan motivasi belajar, sehingga partisipasi siswa bisa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif (Quasi Eksperimen) jenis penelitian eksperimen dengan bentuk Pre – Exsperimental Design. Desain penelitiannya yaitu One Group Pretest – Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Tlogoharum 02 dengan subjek penelitian 24 siswa. Sampel yang digunakan adalah semua siswa kelas IV SD Negeri Tlogoharum 02.Variabel terikat pada penelitian ini adalah Hasil belajar siswa mata pelajaran IPAS, sedangkan variabel bebasnya adalah Model pembelajaran Make a Match. Teknik pengumpulan data adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi , dan Tes. Hasil uji paired sample t-test yang menunjukkan nilai lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,001 yang berarti bahwa jika nilai sig < 0,05 maka Ha diterima. Sehingga model pembelajaran Make a Match berbantuan Kober (kotak keberuntungan) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji N-Gain menunjukkan skor 0,6615 yang memiliki interprestasi sedang. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran Make a Match berbantuan Kober ini dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Selain itu model ini juga dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS SD Negeri Tlogoharum 02.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Wawan Shokib Rondli, M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:F Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Make a Match, IPAS
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 19:15
Last Modified: 05 Aug 2024 19:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21838

Actions (login required)

View Item View Item