Analisis bentuk pemertahanan bahasa jawa melalui interaksi alamiah siswa di sekolah dasar

Nafiā€™ah,, Ulfatun (2024) Analisis bentuk pemertahanan bahasa jawa melalui interaksi alamiah siswa di sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy

Abstrak

Faktor kemajuan teknologi mendorong adanya perubahan pada masyarakat. Perubahan tersebut dapat berupa pemikiran yang semakin terbuka, perubahan sosial, ekonomi, dan pendidikan. Namun, pada kenyataannya kemajuan teknologi juga berpengaruh terhadap budaya yang ada di masyarakat, salah satunya adalah bahasa daerah. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemu di SDN Kropak 02 Pati menunjukkan bahasa yang sering digunakan guru di sekolah adalah bahasa selain bahasa daerah, sehingga mempengaruhi tingkat pemahaman siswa. Selain itu, penggunaan bahasa Jawa yang kurang tepat masih sering digunakan siswa dalam berkomunikasi dengan orang lain. Adapun standar kesopanan seseorang di masyarakat dilihat dari unggah-ungguh basa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi alamiah siswa dan upaya pemertahanan bahasa Jawa yang dilakukan oleh SDN Kropak 02. Interaksi alamiah adalah interaksi yang dilakukan secara spontan yang dilakukan oleh antar siswa maupun siswa dengan guru. Pemertahanan bahasa Jawa sebagai wujud mempertahankan budaya sebagai identitas kelompok, serta untuk mengikat rasa persaudaraan antar anggota kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di kelas rendah dan di kelas tinggi SDN Kropak 02 Pati dengan subjek penelitian 12 siswa kelas III dan 18 siswa kelas V dengan guru dan kepala sekolah sebagai informan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian naratif kualitatif dengan pendekatan sosiolinguistik. Pendekatan sosiolinguistik merupakan penelitian yang mengkaji bahasa pada suatu masyarakat tutur. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi metode dan triangulasi sumber merupakan teknik yang digunakan untuk menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi interaksi alamiah antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa SDN Kropak 02 dalam bentuk alih kode dan campur kode. Terdapat beberapa program di sekolah yang sebagai upaya pemertahanan bahasa Jawa meliputi Kamis berbahasa Jawa, adanya mata pelajaran mulok sekolah, ikut serta dalam perlombaan akademik yang berkaitan dengan pelestarian bahasa daerah, dan ikut serta dalam kegiatan pelestarian budaya Jawa. Penelitian ini hendaknya guru dapat memaksimalkan program sekolah dalam hal pemertahanan bahasa Jawa. Sebab kegiatan tersebut akan memacu siswa untuk mengasah penggunaan berbahasa Jawa dengan baik di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Much.Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing I Denni Agung Santoso, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing II
Kata Kunci: Interaksi Alamiah, Pemertahanan, Bahasa Jawa
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 21:13
Last Modified: 05 Aug 2024 21:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21843

Actions (login required)

View Item View Item