Peran guru terhadap bimbingan belajar pada peserta didik slow learner di kelas 4 sd 4 ngembalrejo

MARLINA KUSUMAWATI, VIKI (2024) Peran guru terhadap bimbingan belajar pada peserta didik slow learner di kelas 4 sd 4 ngembalrejo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya sebuah permasalahan yang ditemukan oleh peneliti yaitu dengan adanya siswa slow learner di kelas 4 SD 4 Ngembalrejo. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalis peran yang diterapkan oleh guru terhadap bimbingan belajar siswa slow learner, serta kendala yang dihadapi guru dan solusi guru dalam menjalankan perannya. Guru merupakan seorang yang memiliki peran penting dan bertanggung jawab dalam pendidikan. Seorang guru telah mengabdikan dirinya untuk mengajarkan sesuatu kepada muridnya, serta melatih peserta didik untuk memahami apa yang guru ajarkan. Peran yang dilakukan guru dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, termasuk pada siwa slow learner atau anak lambat belajar. Siswa slow learner adalah siswa yang mengalami keterlambatan dalam memahami suatu materi dengan cepat serta memilki keterbatasan IQ yang dapat mengakibatkan hasil belajar siswa slow learner lebih rendah dari siswa yang lainnya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitin ini akan dilaksanakan di kelas 4 SD 4 Ngembalrejo dengan subjek penelitian 4 siswa slow learner, dan guru kelas 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Uji yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Dalam analisis data menggunakan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 peran guru yang diterapkan di kelas 4 dalam membimbing siswa slow learner dikelasnya, dari kelima peran ini diantaranya yaitu peran guru sebagai pembimbing, sebagai motivator, sebagai mediator dan fasilitator, sebagai evaluator, dan sebagai pengelola kelas. Kendala yang dialami dari guru kelas 4 yaitu siswa slow leraner yang sulit untuk peningkatan belajar, sehingga tidak menunjukkan adanya perkembangan dari siswa slow learner, mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, mengalami kesulitan dalam membaca, menulis, serta memiliki suasana hati yang berubah-ubah. Solusi atau upaya yang dilakukan guru kelas 4 yaitu dengan pendekatan secara individual terhadap siswa slwo learner, memberikan motivasi kata-kata, melatih kemampuan dasar, dan juga pembentukkan kelompok tugas secara heterogen. Peran guru memiliki hubungan yang pentig untuk memperoleh pencapaian belajar yang baik. Oleh karena itu, guru harus bisa mengelola segala permasalahan yang ada didalam kelas dengan tujuan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Peran Guru, Slow Learner
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 21:16
Last Modified: 05 Aug 2024 21:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21844

Actions (login required)

View Item View Item