Penerapan model problem-based learning berbantuan aplikasi trimath untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis dan habits of mind siswa

Alfian,, Alfin (2024) Penerapan model problem-based learning berbantuan aplikasi trimath untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis dan habits of mind siswa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (743kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (630kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstrak

Rendahnya kemampuan berpikir matematis siswa disebabkan berbagai macam, salah satunya adalah siswa menganggap matematika merupakan pembelajaran yang sangat susah. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes kemampuan berpikir matematis dan angket habits of mind yang menunjukan masih rendah, dari 30 siswa yang mengikuti tes kemapuan berpikir matematis hanya 3 siswa yang tuntas, sedangkan pada angket habits of mind presentase rata-rata yang diperoleh berada di angka 50,77%. Tujuan penelitian ini : (1) menganalisis perbedaan rata-rata kemampuan berpikir matematis kelas yang diajarkan dengan model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi TRIMATH dari pada rata-rata kemampuan berpikir matematis kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung, (2) menganalisis peningkatan kemampuan berpikir matematis dengan menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi TRIMATH,(3) menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran langsung, (4) menganalisis peningkatan habits of mind siswa dengan menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi TRIMATH. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMP N 1 Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental dan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Subjek penelitian adalah kelas 8, populasi dari penelitian ini berjumlah 285 siswa yang mana nanti sampel yang akan digunakan pada penelitian ini berjumlah 72 siswa terdiri dari 2 kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi angket habits of mind dokumentasi dan tes kemampuan berpikir matematis. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas, serta analisis data meliputi uji mann whitney, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir matematis kelas yang diajarkan model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi TRIMATH dari pada rata-rata yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung, (2) kemampuan berpikir matematis siswa yang diajarkan model pembelajaran PBL meningkat sebesar 0,80 masuk dalam kategori tinggi,(3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran langsung,(4) peningkatan habits of mind siswa yang diajarkan model pembelajaran PBL sebesar 0,79 masuk dala kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penerapan model PBL berbantuan aplikasi masih perlu dilakukan, agar penerapannya bisa semakin sesuai dengan perkembangan zaman. Rendahnya kemampuan berpikir matematis siswa disebabkan berbagai macam, salah satunya adalah siswa menganggap matematika merupakan pembelajaran yang sangat susah. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes kemampuan berpikir matematis dan angket habits of mind yang menunjukan masih rendah, dari 30 siswa yang mengikuti tes kemapuan berpikir matematis hanya 3 siswa yang tuntas, sedangkan pada angket habits of mind presentase rata-rata yang diperoleh berada di angka 50,77%. Tujuan penelitian ini : (1) menganalisis perbedaan rata-rata kemampuan berpikir matematis kelas yang diajarkan dengan model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi TRIMATH dari pada rata-rata kemampuan berpikir matematis kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung, (2) menganalisis peningkatan kemampuan berpikir matematis dengan menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi TRIMATH,(3) menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran langsung, (4) menganalisis peningkatan habits of mind siswa dengan menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi TRIMATH. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMP N 1 Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental dan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Subjek penelitian adalah kelas 8, populasi dari penelitian ini berjumlah 285 siswa yang mana nanti sampel yang akan digunakan pada penelitian ini berjumlah 72 siswa terdiri dari 2 kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi angket habits of mind dokumentasi dan tes kemampuan berpikir matematis. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas, serta analisis data meliputi uji mann whitney, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir matematis kelas yang diajarkan model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi TRIMATH dari pada rata-rata yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung, (2) kemampuan berpikir matematis siswa yang diajarkan model pembelajaran PBL meningkat sebesar 0,80 masuk dalam kategori tinggi,(3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran langsung,(4) peningkatan habits of mind siswa yang diajarkan model pembelajaran PBL sebesar 0,79 masuk dala kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penerapan model PBL berbantuan aplikasi masih perlu dilakukan, agar penerapannya bisa semakin sesuai dengan perkembangan zaman.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dr. Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pembimbing pertama Dr. Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pembimbing kedua
Kata Kunci: Model PBL, Media TRIMATH, Berpikir Matematis, Habits of mind
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 23:41
Last Modified: 05 Aug 2024 23:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21850

Actions (login required)

View Item View Item