Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantu konten kreatif tiktok terhadap kemampuan penalaran matematis siswa

Wisnujati,, Novia Putri. (2024) Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantu konten kreatif tiktok terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (675kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (803kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran yang guru masih mendominasi dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran hanya berjalan satu arah saja. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SMA N 1 Sale Rembang. yang mana di sekolah itu ditemukan bahwa rata-rata siswa memiliki kemampuan penalaran matematis yang rendah serta kurangnya pemanfaatan teknologi yang ada. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran discovery learning yang berbantu konten kreatif TikTok, menganalisis peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada model pembelajaran discovery learning yang berbantu konten kreatif TikTok dengan siswa yang belajar secara konvensional dan menganalisis peningkatan kemampuan penalaran matematis sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran discovery learning yang berbantu konten kreatif TikTok. Penelitian kuantitatif dengan desain penelitian The Nonequivalent pretest-posttest control group design ini dilaksanakan di kelas XII MIPA SMA N 1 Sale Rembang dengan subjek penelitian 70 siswa dan guru yang berlangsung terdiri dari 6 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif, yang meliputi uji independent sample T-test dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pencapaian kemampuan penalaran matematis antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan media TikTok (STATMATH) lebih baik daripada siswa yang belajar melalui konvensional, rata-rata peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan media TikTok (STATMATH) lebih baik daripada siswa yang belajar melalui konvensional dan terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan media TikTok (STATMATH), dengan kriteria peningkatan sedang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dr. Henry Suryo Bintoro, M.Pd sebagai pembimbing I Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing II
Kata Kunci: Discovery Learning, Konten Kreatif TikTok, Kemampuan Penalaran Matematis
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 23:45
Last Modified: 05 Aug 2024 23:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21851

Actions (login required)

View Item View Item