FITRIANA, VERA (2024) Pengaruh permainan tradisonal sunda manda terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas iv madrasah ibtidaiyah nurul falah. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah. Hal tersebut disebabkan oleh rendahnya antusias dan minat belajar siswa, serta terbatasnya ketersediaan media pembelajaran yang menarik dan inovatif untuk mendukung pembelajaran matematika. Oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan media permainan sunda manda untuk menunjang kegiatan pembelajaran pemahamn konsep matematika. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh permainan tradisional sunda manda dan mengetahui peningkatan terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah. Permainan tradisional sunda manda merupakan permainan yang dilakukan dengan tujuan kesenangan dan pada saat ini digunakan sebagai alat pembelajaran edukatif. Pemahaman konsep adalah proses dimana siswa mampu menerima, memahami, serta menyerap suatu konsep sehingga siswa mampu mengaplikasikannya dengan bahasanya sendiri. Matematika merupakan mata pelajaran yang wajib diajarkan kepada siswa agar mereka dapat memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pre-experimental dengan pendekatan kuantitatif. Desain dalam penelitian ini one group pretest-posttest yakni menggunakan satu kelas saja sebagai sampel penelitiannya. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Populasi penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah siswa 32. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah sebanyak 32. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa uji instrument, uji prasyarat dengan uji Shapiro-Wilk. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest sebesar 61,72 dan posttest sebesar 87,50. Hasil dari prasayarat berupa uji normalitas jenis Shapiro-Wilk pretest sebesar 0,174 dan posttest sebesar 0,053 sehingga dinyatakan berdistribusi normal karena hasil pretest dan posttest > 0,05. Uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan hasil signifikansi (2-tailed ) adalah sebesar 0,000 dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Hₒ diterima dan Hₐ ditolak karena sig (0,000) < 0,05 dan uji N-Gain sebesar 0,6861 atau 68,6107% dengan kategori sedang.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Lovika Ardana Riswari, M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:M. Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or |
Kata Kunci: | Permainan Tradisional Sunda Manda, Pemahaman Konsep, Matematika |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 23:47 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 23:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
