PUJIANTI, RYSMA (2024) Peningkatan minat belajar siswa dengan pendekatan saintifik melalui proses pembuatan jamu coro kelas iii sd undaan kidul 3. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan pendekatan saintifik melalui proses pembuatan jamu coro dan menemukan peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik materi sumber energi kelas III SD Undaan Kidul 3. Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang agar siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran yang meliputi tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan. Jamu coro merupakan suatu kearifan lokal berupa minuman dari kabupaten Demak yang proses pembuatannya melibatkan siswa secara langsung, sehingga diharapkan pembelajaran seperti ini dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Penelitian Tindakan kelas dilaksanakan di kelas III Undaan Kidul 3 dengan subjek penelitian seorang guru pengelola pembelajaran dan 12 siswa. Penelitian berlangsung selama 2 siklus. Pada siklus I dan siklus II dilaksanakan dalam 2 pertemuan, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas pendekatan saintifik melalui proses pembuatan jamu coro, sedangkan variabel terikat minat belajar siswa. Instrument penelitian ini adalah lembar wawancara, pedoman observasi, tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan pendekatan saintifik melalui proses pembuatan jamu coro dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik Bahasa Indonesia. Hal ini terlihat dari ketercapaian indicator keberhasilan yakni (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I dan siklus II meningkat dari persentase 83% dengan kriteria “sangat baik” menjadi 91% dengan kriteria “sangat baik” (2) aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 68% dengan kriteria “baik” menjadi 88% dengan kriteria “sangat baik”. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan pendekatan saintifik melalui proses pembuatan jamu coro dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas III SD Undaan Kidul 3. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik melalui proses pembuatan jamu coro dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik Bahasa Indonesia kelas III SD Undaan Kidul 3, dan saran dalam penelitian ini guru hendaknya menerapkan pendekatan saintifik melalui proses pembuatan jamu coro dalam pembelajaran tematik Bahasa Indonesia di kelas III. Bagi siswa hendaknya aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian baru yang lebih kreatif dan inovatif,
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 2:Yuni Ratnasari, S.Si., M.Pd |
Kata Kunci: | Minat Belajar Siswa, Pendekatan Saintifik, Jamu Coro. |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 23:56 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 23:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
