Efektifitas model pembelajaran discovery learning berbasis gusjigang berbantuan augmented reality terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas 5 sd 3 barongan kudus

Bagyana,, M, Fathur (2024) Efektifitas model pembelajaran discovery learning berbasis gusjigang berbantuan augmented reality terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas 5 sd 3 barongan kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (954kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstrak

Pendidikan memiliki kaitan erat dengan adanya proses pembelajaran. Namun, proses pembelajaran menggunakan metode ceramah dan hanya dengan media buku paket dan pendukung LKS dapat menyebabkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis. Hal ini dibuktikan dari hasil tes studi pendahuluan di SD 3 Barongan Kudus yang memperoleh hasil belum maksimal dengan persentasi nilai rata-rata pemahaman konsep matematis masih 36%. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan model discovery learning berbasis Gusjigang berbantuan Augmented Reality memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), 2) menganalisis perbedaan rata–rata kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbasis Gusjigang berbantuan Augmented Reality, dan 3) menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis sesudah menggunkan model discovery learning berbasis Gusjigang berbantuan Augmented Reality. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk pre-experimental design yaitu the one group pretest-postest design. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD 3 Barongan dengan subjek penelitian 20 peserta didik dengan populasi adalah peserta didik kelas V di SD 3 Barongan Kudus. Teknik pengumpulan data meliputi tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis instrumen penelitian melalui validitas, tingkat kesukaran, reliabilitas dan daya pembeda. Analisis data uji hipotesis 1 menggunakan uji statistic descrptive, uji hipotesisi 2 menggunakan uji statistic descrptive, dan hipotesis 3 menggunakan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukan, 1) kemampuan pemahman konsep peserta didik memenuhi nilai diatas Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), 2) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik sesudah menggunkan model discovery learning berbasis Gusjigang berbantuan Augmented Reality lebih baik dari sebelumnya, 3) peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis Gusjigang berbantuan augmented reality diperoleh hasil N-Gain sebesar 0,57 dengan kriteria sedang. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat efektifitas discovery learning berbasis Gusjigang berbantuan Augmented Reality terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis disarankan untuk menerapkan model discovery learning untuk materi lainnya

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Savitri Wanabuliandari. S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing pertama Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd., selaku dosen pembimbing kedua
Kata Kunci: Gusjigang berbantuan Augmented Reality, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Discovery Learning
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 00:00
Last Modified: 06 Aug 2024 00:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21856

Actions (login required)

View Item View Item