Penggunaan metode jarimatika dengan model Problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas 2 sdn 1 paren

NUZULUL ROHMAH, TASYA (2024) Penggunaan metode jarimatika dengan model Problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas 2 sdn 1 paren. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran monoton dan konvensional dengan hanya menerapkan rumus tanpa pemahaman dapat menyebabkan rendahnya kemampuan pemahaman. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi yang dilakukan di kelas 2 SDN 1 Paren Mayong Jepara. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tergolong rendah, dari 10 siswa yang tuntas hanya 4 siswa dengan rata-rata 63,5 kategori cukup. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan metode jarimatika dengan model problem based learning, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada materi perkalian dan pembagian 1-5. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas 2 SDN 1 Paren menggunakan metode jarimatika dengan model problem based learning, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Metode jarimatika merupakan salah satu metode yang dapat membantu anak-anak berhitung dengan cepat dan tepat dengan jari-jari tangan. Model problem based learning merupakan jenis pembelajaran berbasis masalah. Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan pemahaman yang menyeluruh dan mendalam terhadap konsep matematis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas 2 SDN 1 Paren dengan subjek penelitian siswa kelas 2 SDN 1 Paren yang berjumlah 10 siswa terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini terbagi menjadi dua siklus dan disetiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode jarimatika dengan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil nilai pra siklus memperoleh nilai rata-rata 63,5 dengan presentase ketuntasan klasikal 40% dan siklus I mengalami peningkatan memperoleh nilai rata-rata 78,1 dengan presentase ketuntasan klasikal 60%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan memperoleh nilai rata-rata 86,2 dengan presentase klasikal 100%. Kemudian terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 78% dan siklus II menjadi 92%, selanjutnya keterampilan mengajar guru siklus I memperoleh sebesar 82% dan siklus II memperoleh 96%. Metode jarimatika dengan model problem based learning dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Sehingga, memerlukan persiapan dan perencanaan yang matang bagi guru untuk menerapkannya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:Denni Agung Santoso, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Metode Jarimatika, Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 00:02
Last Modified: 06 Aug 2024 00:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21857

Actions (login required)

View Item View Item