RIFDA IZHARIFA, FEBRISA (2024) Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan media kit ipa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dan (2) mengukur seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media KIT IPA. Model Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu model pembelajaran berbasis masalah, dimana para siswa akan secara aktif dan kreatif menemukan berbagai solusi untuk memecahkan permasalahan melalui berbagai pengetahuan baru. Media KIT IPA merupakan sebuah media yang berisi seperangkat alat untuk menganalisis organ pernapasan dan mekanisme pernapasan pada manusia. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif pre eksperimental dengan tipe one group pretest posttest. Populasi dan sampel dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V SD 6 Tanjungrejo yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa dan variabel bebasnya adalah model PBL berbantuan media KIT IPA. Teknik pengumpulan data meliputi tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini menggunakan soal tes tertulis untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis statistik menggunakan uji normalitas, uji paired t- test dan uji n-gain menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan pengujian paired sample t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05, menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata antara skor pretest (51,13) dan posttest (83,65). Berdasarkan uji n-gain, peningkatan rata-rata sebelum dan sesudah diterapkan model PBL berbantuan media KIT IPA menunjukkan presentase 67% yang menunjukkan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media KIT IPA dan (2) terdapat peningkatan rata-rata skor pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media KIT IPA.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1;Dr. Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Siti Masfu’ah, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Model PBL, KIT IPA, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 00:09 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 00:09 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21859 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
