Pengaruh pendekatan realistic mathematics education (rme) berbantuan media arca Terhadap pemahaman konsep matematika Siswa kelas v sd 1 gondangmanis

RHISALATUL UMAMI, RETNO (2024) Pengaruh pendekatan realistic mathematics education (rme) berbantuan media arca Terhadap pemahaman konsep matematika Siswa kelas v sd 1 gondangmanis. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada tanggal 6 Oktober 2023 di SD 1 Gondangmanis, permasalahan yang ditemukan yaitu rendahnya pemahaman konsep matematika siswa yang ditunjukkan dengan keadaan siswa yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal latihan serta rendahnya nilai sumatif tengah semester matematika. Selain itu, jarangnya guru memanfaatkan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh diterapkannya pendekatan Realistic Mathematics Education berbantuan media ARCA terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas V pada materi perkalian dan pembagian pecahan. Pendekatan Realistic Mathematics Education merupakan pendekatan pembelajaran yang mengkaitkan realita kejadian nyata dengan pengalaman siswa, dimana siswa menemukan kembali dan membuat konsep matematika berdasarkan kejadian nyata yang diberikan. Media ARCA merupakan media berbentuk konkret yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Pemahaman konsep merupakan suatu kecakapan yang harus dimiliki siswa dalam setiap proses belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu Pre Experimental dalam bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD 1 Gondangmanis dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas sebagai uji prasyarat. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji paired sample t-test dengan berbantuan SPSS Statistic 25. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan, hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education berbantuan media ARCA terhadap pemahaman konsep siswa Kelas V SD 1 Gondangmanis. Penelitian ini mampu menjadi referensi bagi guru sebagai inovasi dalam melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik kebutuhan siswa. Guru dapat menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan memanfaatkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Pendekatan RME, Media ARCA, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 00:20
Last Modified: 06 Aug 2024 00:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21861

Actions (login required)

View Item View Item