Penerapan model pembelajaran predict-observe-explain (poe) berbasis media educative games untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

KHARIS, MUHAMMAD (2024) Penerapan model pembelajaran predict-observe-explain (poe) berbasis media educative games untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Jambeyan pada muatan IPAS yang ditunjukkan dari pemerolehan data awal. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menganalisis perbedaan rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berbasis media educative games (2) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berbasis media educative games. Kemampuan berpikir kritis adalah keterampilan atau kemampuan intelektual yang dimiliki seseorang dan memungkinkan seseorang tersebut untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menafsirkan sebuah informasi, ide, argumen, atau situasi secara objektif sebelum mengambil keputusan atau membentuk opini. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk meningkatkan kemmapuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), model ini merupakan model pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk lebih aktif, kreatif dan mandiri dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen serta menggunakan desain penelitian one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang berbentuk soal uraian dengan indikator berpikir kritis FRISCO F(focus), R (Reason), I (Inference), S(Situation), C (Clarity), dan O (Overview). Tempat penelitian ini di SDN Jambeyan Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 12 siswa dan menggunakan teknik sampling jenuh. Serta menggunakan teknik analisis data uji validitas, uji normalitas data, uji-t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan hasil dari uji paired sample t-test yaitu terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu 52,0833 untuk nilai pretestnya dan 80,1667 untuk hasil posttestnya. Selain itu nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest. Pada uji N-gain menunjukkan nilai N-gain sebesar 0,6021 yang artinya kriteria peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa mendapat peningkatan dengan kriteria sedang. Saran untuk penelitian sejenis di masa mendatang yaitu peneliti harus tegas dan dapat mengajak siswa untuk aktif agar kemampuan berpikir kritis siswa setara.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Sekar Dwi Ardianti, M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:F.Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd
Kata Kunci: Predict-Observe-Explain (POE), Educative Games, Berpikir Kritis
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 00:31
Last Modified: 06 Aug 2024 00:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21862

Actions (login required)

View Item View Item