Analisis implementasi kurikulum merdeka Pada pembelajaran ipas siswa kelas v Di sd negeri dengkek 01 pati

NIHAYATUL FADLILAH, UMMI (2024) Analisis implementasi kurikulum merdeka Pada pembelajaran ipas siswa kelas v Di sd negeri dengkek 01 pati. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah adanya perubahan kurikulum yang diumumkan oleh Kementerian pendidikan budaya tentang “Merdeka Belajar”. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada guru dalam membuat perangkat ajar dan menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan minat siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS di kelas V SD Negeri Dengkek 01 Pati. Kurikulum merdeka merupakan pembaharuan dari kurikulum sebelumnya. Kurikulum merdeka ini menekankan pada konten penting untuk memastikan bahwa siswa memiliki waktu yang cukup untuk mengeksplorasi konsep dan memperkuat kompetensi mereka. Konsep Implementasi kurikulum merdeka diantaranyaa perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pembelajaran IPAS termasuk pembaharuan dari kurikulum medeka yang sudah diterapkan di kelas V SD Negeri Dengkek 01 Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naratif. Adapun Teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data dikumpulkan dianalisis dengan melakukan reduksi data, setelah itu penyajian data. Langkah selanjutnya yaitu verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas V sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka tahun ajaran 2023/2024. Hal ini terlihat dari perencanaan pembelajaran guru telah menyusun modul ajar sesuai Keputusan Menteri Nomor 262/M/2022, membuat media pembelajaran. menerapkan model pembelajaran diskusi dan presentasi. Guru terlihat dalam pelaksanaan pembelajaran menyampaikan materi menggunakan media belajar, mengaitkan dengan lingkungan sekitar, melaksanakan kelompok diskusi dan presentasi kelompok. Selain itu guru terlihat masih kesulitan mengatur waktu proses kegiatan belajar agar efektif. Guru dalam evaluasi telah melaksanakan asesmen sumatif, asesmen formatif. Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS di kelas V SD Negeri Dengkek 01 Pati sudah terlaksana namun belum sempurna. Perancangan pembelajaran masih kurang inovatif dalam menerapkan model pembelajaran yang sesuai kurikulum merdeka. Pengalaman guru dalam merdeka belajar masih kurang. Hendaknya kepala sekolah dan guru melakukan pengembangan kurikulum sesuai panduan kurikulum merdeka.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Implementasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPAS
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 00:48
Last Modified: 06 Aug 2024 00:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21863

Actions (login required)

View Item View Item