Heriyanto, Didik (2024) Pengembangan media pembelajaran botol perkalian berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan perkalian Siswa kelas ii sd sekecamatan sluke. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan perkalian siswa kelas 2 SD, 2) Mendiskripsikan pengembangan media pembelajaran botol perkalian berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan perkalian siswa kelas 2 SD, 3) Menganalisis kelayakan media pembelajaran botol perkalian berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan perkalian siswa kelas 2 SD, 4) Menganalisis efektivitas media pembelajaran botol perkalian berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan perkalian siswa kelas 2 SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang terdiri atas 10 langkah. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa dan guru kelas 2 di 4 SD yaitu SDN 1 Labuhan, SDN 2 Labuhan, SDN 1 Sendangmulyo, SDN 2 Sendangmulyo, di Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang pada semester ganjil 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Uji keabsahan data terdiri dari uji validitas produk dan validitas independen. Sedangkan teknik analisis data uji prasyarat analisis (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesisi (independent sample t test dan wilcoxon). Hasil penelitian pada analisa kebutuhan melalui observasi dan wawancara mendapatkan bahwa media ajar belum sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga perlu dikembangan media pembelajaran botol perkalian berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan perkalian siswa. Pemilihan media dan format untuk bahan dan produksi versi awal mendasari aspek utama pada tahap desain. Perangkat pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini dibatasi pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), botol bekas serta soal evaluasi. Validasi ahli media diperoleh hasil jumlah skor 3,58 (sangat baik), validasi ahli materi mendapatkan skor 91,6% (valid). Respon guru mendapatkan nilai 90% (sangat layak) dan respon siswa mendapatkan 88% (sangat layak). Hasil analisa uji coba terbatas mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Uji coba luas didapatkan nilai sig 0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran botol perkalian berbasis kontekstual efektif untuk meningkatkan kemampuan perkalian siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 Dr Rismiyanto, M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2 Dr. Sumaji, M.Pd., |
Kata Kunci: | : Media Pembelajaran, Botol Perkalian, Matematika |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 18:31 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 18:31 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21864 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
