Implementasi projek ecobrik dalam penguatan profil pelajar pancasila (p5) pada siswa kelas iv di sdn 3 banyumanis donorojo jepara tahun pelajaran 2023/2024

CORNELIA, ZULFA (2024) Implementasi projek ecobrik dalam penguatan profil pelajar pancasila (p5) pada siswa kelas iv di sdn 3 banyumanis donorojo jepara tahun pelajaran 2023/2024. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan Projek Ecobrik dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan rumusan masalah bagaimana Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kelas IV di SDN 3 Banyumanis Donorojo Jepara Tahun pelajaran 2023/2024. Implementasi adalah tindakan atau pelaksanaan suatu rencana yang dilakukan secara cermat dan rinci. Projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah pembelajaran yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek yang berbeda dengan pembelajaran berbasis projek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak formal, terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk memperkuat berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Studi kasus. Penelitian ini di laksanakan pada siswa Kelas IV SDN 3 Banyumanis Donorojo Jepara dengan sampel 4 siswa dan guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tahap Reduksi Data, Penyajian Data dan Pengambilan kesimpulan dan verifikasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Projek penguatan profil pelajar pancasila di SDN 3 Banyumanis Donorojo Jepara Tahun Ajaran 2023/2024 yaitu sekolah membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan Pendidikan, merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu projek penguatan profil pelajar Pancasila, menyusun modul projek dan merancang strategi pelaporan hasil projek. Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dapat memberikan pengalaman dan proses belajar yang lebih bermakna kepada peserta didik yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Karena dalam prakteknya, peserta didik perlu berbicara dengan teman, membuat objek atau kejadian yang berhubungan dengan proyek, dan melatih peserta didik memecahkan masalah untuk mendapatkan hasil yang baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Kegiatan Projek Ecobrik dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan penerapan pembelajaran berdiferensiasi karena peserta didik dapat mengembangkan keterampilannya untuk meningkatkan minat dan membuat lebih aktif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 18:31
Last Modified: 06 Aug 2024 18:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21865

Actions (login required)

View Item View Item