Pengaruh model problem based learning dan discovery learning berbantu e modul terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv pada pelajaran ipas

Masyhuri., Masyhuri. (2024) Pengaruh model problem based learning dan discovery learning berbantu e modul terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv pada pelajaran ipas. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (844kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini : (1) menganalisis pengaruh Model Problem Based learning (PBL) berbantu E Modul terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV (2) menganalisis pengaruh Model dan Discovery learning (PBL) berbantu E Modul terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV (3) Menganalisis perbedaan pengaruh Model Problem Based learning (PBL) dan Discovery learning berbantu E Modul terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD di Kecamatan Bonang Penelitian merupakan penelitan eksperimental (experimental research) dengan desain quasi experimental design metode pretest posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV di SD Gugus Patiunus Kecamatan Bonang Kabupaten Demak sebanyak 196. Sampel penelitan adalah SDN Jatimulyo, SDN Karangrejo 2 sebagai kelas eksperimen dan SDN Tlogoboyo 1 sebagai kelas kontrol dengan tehnik purpose sampling, Instrumen penelitian berupa tes. Analisis data menggunakan deskripsi data, uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, uji hipotesis (independent sample t test dan normalized gain). Hasil penelitian adalah 1) terdapat pengaruh pembelajaran model problem based learning berbantu e modul terhadap rhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada pelajaran IPAS. berdasarkan hasil t hitung > t tabel atau atau 8,960 > 2,00247 dan nilai ngain dalam katagori efektif: 2) terdapat pengaruh pembelajaran model discovery learning berbantu e modul terhadap rhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada pelajaran IPAS. berdasarkan hasil t hitung > t tabel (6,454 > 2,00247) dan nilai ngain dalam katagori cukup efektif; 3) terdapat perbedaan pengaruh antara pembelajaran model problem based learning dan pembelajaran model discovery learning berbantu e modul terhadap rhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada pelajaran IPAS Kecamatan Bonang materi gaya. berdasarkan hasil t hitung > t table (3.110 > 1,99547). Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh pembelajaran model problem based learning dan pembelajaran model discovery learning berbantu e modul terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada pelajaran IPAS materi gaya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd, Dosen Pembimbing I Dr. Wawan Shokib Rodli.,S.Pd,M.Pd., Dosen Pembimbing II
Kata Kunci: : Problem Based learning and Discovery Learning, E Modul Kemampuan berpikir kritis
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 18:37
Last Modified: 06 Aug 2024 18:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21866

Actions (login required)

View Item View Item