PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANINQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS VSEMESTER II SD2BULUNGKULON 2012/2013

MACHMUDAH, SITI (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANINQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS VSEMESTER II SD2BULUNGKULON 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (461kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (143kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (215kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (266kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (283kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (135kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (64kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (154kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi olehpembelajaran guru yang masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi dan tidak ada keterlibatan langsung oleh siswa. Sehingga hasi belajar matematika pada siswa kelas V SD 2 Bulungkulon rendah.Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD 2 Bulungkulon. Masih banyak siswa yang belum mencapai KKM yang ditargetkan SD 2 Bulungkulon yaitu ≥65. Hal ini ditunjukkan hasil belajar matematika pada Ulangan Akhir Semester I dengan rata-rata kelas mencapai 57,32 dan ketuntasan belajar 32%.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika dengan diterapkannya model pembelajaran inquiry siswa kelas V Semester II SD 2 Bulungkulon Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis & Mc Taggart. model Kemmis berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Setiap siklus meliputi rencana (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), refleksi (reflection). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: wawancara, observasi dokumentasi dan pengukuran tes. Analisis yang digunakan peneliti menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar pada ranah kognitif pada siklus I mencapai 67 dengan ketuntasan 68% dan siklus II mencapai 77,6 dengan ketuntasan 88%. Sehingga hasil belajar siswa pada ranah kognitif meningkat sebesar 10,6 dengan peningkatan ketuntasan sebesar 20%. (2) hasil belajar pada ranah afektif pada siklus I diperoleh nilai 66,88% dan siklus II diperoleh nilai 81,25%. Jadi, hasil belajar pada ranah afektif meningkat sebesar 14,37%. (3) pengelolaan pembelajaran oleh guru pada siklus I diperoleh nilai 70,64% dan siklus II diperoleh nilai 84,51%. Jadi, pengelolaan oleh guru meningkat sebesar 13,87%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V Semester II SD 2 Bulungkulon Tahun Ajaran 2012/2013. Penulis menyarankan bagi guru SD untuk menerapkanmodel pembelajaran inquiry dalam pembelajaran matematikauntuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: (i) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd, Pembimbing:(ii) Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Inquiry, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 03:25
Last Modified: 27 Mar 2014 03:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2188

Actions (login required)

View Item View Item