Efektivitas penggunaan model problem based learning (pbl) berbasis “steam-ar” terhadap hasil belajar siswa kelas vi materi tata surya di sd kecamatan mlonggo

SULISTIYANTO, EDY (2024) Efektivitas penggunaan model problem based learning (pbl) berbasis “steam-ar” terhadap hasil belajar siswa kelas vi materi tata surya di sd kecamatan mlonggo. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMN JUDUL]
Preview
Text (HALAMN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (930kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (749kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (789kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penggunaan model Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEAM-AR, mengukur peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis “STEAM-AR, serta mengetahui sejauh mana penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis “STEAM-AR” dapat diterapkan. Metode penelitian menggunakan teknik kuantitatif, yaitu data yang dapat diwujudkan peneliti dengan angka yang diperoleh dari lapangan. Teknik pengambilan data melalui wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini yaitu: Keefektifan bahan ajar diperoleh dari skor pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu Statistik Inferensial dengan Uji Paired Sample T-Test dan N-Gain Score, serta Statistik Deskriptif dengan Uji Independent Sample T Test menggunakan aplikasi IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil t hitung sebesar 2,286 sedangkan t tabel dengan df = 49 sebesar 0,027 maka t hitung > t tabel yaitu 2,286 > 0,027 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VI materi tata surya menggunakan model PBL berbasis STEAM-AR dengan pembelajaran langsung. Nilai N-gain persen PBL berbasis STEAM-AR yaitu 71,83 di kelas ekperimen 1 dan 73,47 di kelas eksperimen 2 yang artinya pembelajaran Model PBL berbasis STEAM-AR cukup efektif. Berdasarkan hasil t hitung sebesar 1,546 sedangkan t tabel dengan df = 46 sebesar 0,129 maka t hitung > t tabel yaitu 1,546 > 0,129 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VI materi tata surya menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) efektif meningkatkan hasil belajara IPA materi tata surya. Nilai N-gain persen PBL berbasis STEAM-AR yaitu 71,83 di kelas eksperimen 1 dan 73,47 di kelas eksperimen 2 yang artinya pembelajaran Model PBL berbasis STEAM-AR cukup efektif karena masuk pada rentang 55-75. Pada deskripsi data terdapat perbedaan nilai rata-rata pre test dan post test pada kelas PBL berbasis STEAM-AR. Rata-rata nilai pre test sebesar 62,17 dan nilai post test sebesar 86,96 di kelas ekperimen 1 dan pre test sebesar 54,50 dan nilai post test sebesar 85,00 di kelas eksperimen 2.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Khamdun, M. Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), STEAM, Augmented Reality, Hasil Belajar
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 20:47
Last Modified: 06 Aug 2024 20:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21883

Actions (login required)

View Item View Item