AYU AGUSTIN, MEGA (2024) Pengembangan modul ajar ipas berbasis higher order thinking skills (hots) pada materi Napas segar hidup sehat siswa sekolah dasar. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penggunaan modul pengajaran berbasis HOTS dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus, (2) merumuskan pengembangan desain pembelajaran menggunakan modul pengajaran berbasis HOTS untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus, (3) menganalisis efektivitas penggunaan modul pembelajaran berbasis HOTS dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus. Penelitian ini mengadopsi desain penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Four-D yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974), yang terdiri dari empat tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Langkah-langkah pengembangannya meliputi: 1) analisis kebutuhan di sekolah dasar; 2) pengembangan desain awal; 3) validasi dan revisi; 4) uji coba terbatas; 5) uji coba ekstensif; 6) penyebaran. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Data hasil validasi dianalisis dengan mengumpulkan total skor. Efektivitas modul ajar berbasis HOTS terhadap hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji gain dan uji t pada taraf signifikansi 0,05. Hasil pembelajaran modul IPAS berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi, materi disesuaikan dengan hasil belajar pada kurikulum merdeka. Modul pengajaran meliputi modul ajar, lembar kerja siswa, bahan ajar dan alat evaluasi. Setelah divalidasi oleh validator diperoleh skor rata-rata sebesar 3,65 dengan kategori sangat baik. Kemudian modul ajar diterapkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil perhitungan N-gain pada kelompok kontrol sebesar 53,1% mengalami peningkatan hasil belajar sedang dan 46,9% berkategori rendah. Pada kelompok eksperimen, sebanyak 58,1% mengalami peningkatan hasil belajar sedang dan 41,9% tergolong tinggi. Uji keefektifan dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil tes kognitif pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Diperoleh thitung sebesar 5,032. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul ajar IPAS berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat digunakan dalam pembelajaran IPAS kelas V sekolah dasar. Dengan dikembangkannya modul ini diharapkan dapat memotivasi guru untuk kreatif dalam pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Khamdun, M,Pd., |
Kata Kunci: | Modul Ajar IPAS, Higher Order Thinking Skills, materi hidup sehat. |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 21:10 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 21:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21889 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
