Pengembangan media pembelajaran “klik asean” (aplikasi lectora inspire kupas materi asean) dalam kemampuan literasi informasi pada mata pelajaran ips kelas vi sd kabupaten rembang

Mu’arifah,, Mu’arifah, (2024) Pengembangan media pembelajaran “klik asean” (aplikasi lectora inspire kupas materi asean) dalam kemampuan literasi informasi pada mata pelajaran ips kelas vi sd kabupaten rembang. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (660kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (696kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kebutuhan media pembelajaran. Mendeskripsikan desain pengembangan media pembelajaran. Menguji desain pengembangan media pembelajaran, dan mendeskripsikan keefektifan media “KLIK ASEAN” dalam kemampuan literasi informasi dalam pembelajaran IPS materi ASEAN kelas VI di sekolah dasar Kabupaten Rembang. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam rangka efisiensi dan efektifitas untuk mengoptimalkan strategi dan metode pembelajaran yang berpusat pada murid. Senada dengan Musfiqon dalam (Yulieth-Rafael, 2020) ”Media pembelajaran dapat digunakan sebagai perantara antara guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran agar efektif dan efisien”. Media Pembelajaran ”KLIK ASEAN” layak dan efektif meningkatkan kemampuan literasi informasi. Teori Borg dan Gall dijadikan acuan dalam metode penelitian dan pengembangan ini. Dengan delapan langkah dalam Sugiyono (2016:408-427) yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian. Kelayakan produk diuji dengan validasi Ahli dan respon siswa-guru. Untuk menganalisis data analisis N-Gain digunakan untuk mengetahui selisih antara skor posttest dan pretest. Sedangkan untuk menguji keefektifitan media “KLIK ASEAN” terhadap hasil belajar kognitif digunakan Uji T. Hasil pengembangan media “KLIK ASEAN” melalui pembuatan aplikasi dengan menggunakan aplikasi “lectora inspire”, Aplikasi meliputi kompetensi, materi, gambar, video, lagu, kuis dan evaluasi soal yang disesuaikan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kurikulum 13. Hasil validasi validator ahli media 93,27, dan validator ahli materi 87,50 dengan kategori sangat baik. N-Gain kelas kontrol 1 sebanyak 0,26 dan kelas kontrol 2 sebanyak 0,33 kategori rendah. Pada kelas eksperimen 1 N_Gain 0,74 dan N_Gain pada kelas eksperimen 2 sebanyak 0,84 tergolong tinggi. Hasil uji t kelas eksperimen 1 dan kelas kontrol 1 diperoleh harga t hitung 8,58 dan t tabel 1,69. Demikian juga pada kelas eksperimen 2 dan kelas kontrol 2 harga t hitung 8,14 dengan taraf signifikansi α = 5% maka nilai t-tabel adalah 1.68. Hasilnya, nilai t hitung (uji t) lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel (uji t > t tabel). Simpulan penelitian ini adalah Media “KLIK ASEAN” layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi siswa dengan meningkatnya hasil belajar kognitif siswa. Diharapkan guru memiliki “effort” untuk lebih kreatif dalam menginovasi media pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dr. Erik Aditiya Ismaya, S.Pd., M.A PEMBIMBING 1 Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. PEMBIMBING 2
Kata Kunci: Media ”KLIK ASEAN”, Literasi Informasi, Pelajaran IPS
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 23:36
Last Modified: 06 Aug 2024 23:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21890

Actions (login required)

View Item View Item