Pengaruh supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar kecamatan tambakromo

Andarwati, Rina (2024) Pengaruh supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar kecamatan tambakromo. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (739kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (774kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Menganalisis pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru; (2) Menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; (3) Menganalisis pengaruh supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru Teori Penelitian menyatakan bahwa supervisi akademik adalah bantuan yang diberikan kepada guru yang bertujuan meningkatkan kualitan pembelajaran. Kepemimpinan kepala sekolah yang terdiri dari fungsi kepemimpinan, indikator kepemimpinan dan karakteristik kepemimpinan. Kinerja guru adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang guru dalam melaksanakan tugasnya. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan jenis ex-post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Populasi penelitian ini seluruh guru baik PNS, PPPK maupun Non PNS di Gugus Kartini, Gugus Ahmad yani dan Gugus Panglima Sudirman sejumlah 100 guru. Adapun sampel penelitian berjumlah 80 guru, penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen penelitian berupa angket terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitas. Analisis data awal meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi parsial (uji t), analisis regresi linier berganda/uji simultan (uji F), dan perhitungan koefisian determinan ( R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan supervisi akademik berpengaruh positif pada kinerja guru dari uji-t menunjukkan angka signifikansi pada variabel supervisi akademik sebesar 0,001 < probabilitas 0,05 dan t hitung (0,603) > t tabel (0,2199). Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru dari uji-t menunjukan angka signifikansi pada variabel kepemimpinan kepala sekolah sebesar 0,001 < probabilitas 0,05, t hitung (0,592) > t tabel (0,2199). Supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif terhadap kinerja guru dari uji-F menunjukan angka signifikansi sebesar 0,000 < probabilitas 0,05, nilai F hitung (79,066) > F tabel (2,199). Supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif terhadap kinerja guru sebesar 681% (R square). Artinya supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 68,1% dan 31,9 % dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil analisis regresi ganda, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 13,249 + 0,322 X1 + 0,558 X2. Berdasarkan hasil dari penelitian, dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru sekolah dasar kecamana Tambakromo.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Hariyadi, M.Pd., Dosen Pembimbing I Dr. Gunawan Setiadi, M.Pd., Dosen Pembimbing II
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Aug 2024 18:41
Last Modified: 07 Aug 2024 18:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21907

Actions (login required)

View Item View Item