Pengaruh supervisi akademik dan kemampuan it guru Terhadap kinerja guru sekolah dasar Di kecamatan tambakromo kabupaten pati

Romyati, Romyati (2024) Pengaruh supervisi akademik dan kemampuan it guru Terhadap kinerja guru sekolah dasar Di kecamatan tambakromo kabupaten pati. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (903kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTRA PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTRA PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis :(1) pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru (2)pengaruh kemampuan IT guru terhadap kinerja guru dan (3) Menganalisis pengaruh supervisi akademik dan kemampuan IT Guru terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Teori Penelitian menyatakan bahwa supervisi akademik adalah bantuan yang diberikan kepada guru yang bertujuan meningkatkan kualitan pembelajaran. Peningkatan Kinerja dapat melalui peningakatan Keterampilan IT. Kinerja adalah tingkat keberhasilan seseorang atau kelompok orang dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta kemampuan untuk mencapai tujuan dan standar yang telah ditetapkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis rancangan penelitian ini adalah ex-post facto. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data yang digunakan berupa uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda uji f dan Uji T. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael Jumlah sampel 110 dari Popilasi 160 Hasil penelitian yang telah dilaksanakan peneliti yaitu uji asumsi klasik yaitu uji multikolinearitas pada data supervisi akademik dan kemampuan IT Guru terlihat bahwa tidak terdapat tanda-tanda multikolinearitas Penyebabnya karena data supervisi akademik mempunyai nilai VIF 1,557 < 10,00 Selanjutnya data kemampuan IT Guru dengan nilai VIF 1,557 < 10,00 dari kedua data tersebut tidak mempunyai gejala multikolinearitas. Hasil uji regresi linier berganda koefisien regresi diketahuia bahwa koefisien regresi sebesar 30,804 selanjutnya untuk variable X (bebas), supervisi akademik (X1) adalah 0,409, kemampuan IT guru (X2) adalah 0,213 Uji T parsial terlihat hasil hasil perhitungan terlihat bahwa variabel kontrol akademik menunjukkan nilai sig. 0,000. Hasil pengujian variabel supervisi akademik menunjukkan nilai sig. 0000. Kemampuan IT Guru memperoleh 0,047, jika nilai sig kurang dari 0,05 maka H0 diterima. Kesimpulannya terdapat pengaruh secara parsial antara supervisi akademik dan kemampuan IT guru terhadap kinerja guru. Simpulan dari penelitian ini (1) Supervisi Akademik berpengaruh pada kinerja guru. (2) Kemampuan IT Guru berpengaruh terhadap kinerja guru, (3) supervisi akademik dan kemampuan IT Guru secara simultan berpengaruh pada kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Tambakromo. Saran bahwa:Kepala sekolah hendaknya melakukan evaluasi bersama semua pihak terkait dalam mengukur pencapaian kinerja guru. Guru juga meningkatkan kompetensinya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Ahmad Hariyadi, M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Gunawan Setiadi, M.Pd
Kata Kunci: Supervisi Akademik, kemampuan IT guru , Kinerja Guru
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Aug 2024 18:46
Last Modified: 07 Aug 2024 18:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21908

Actions (login required)

View Item View Item