Pengaruh pembelajaran ipas dengan menggunakan metode eksperimen terbimbing ditinjau dari sikap ilmiah dan hasil belajar siswa kelas iv sekolah dasar

Khasiatin Nisa,, Santi (2024) Pengaruh pembelajaran ipas dengan menggunakan metode eksperimen terbimbing ditinjau dari sikap ilmiah dan hasil belajar siswa kelas iv sekolah dasar. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Pengaruh metode eksperimen terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa kelas IV di sembilan Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati. Metodologi yang digunakan adalah desain eksperimen kuantitatif, yang membandingkan hasil belajar antara siswa yang mengikuti metode eksperimen terbimbing (kelas eksperimen) dan dilanjutkan dengan metode konvensional (kelas kontrol). Tujuh SD yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah SD Tambahmulyo 01, SD Tambahmulyo 02, SD Tlogorejo, SD Sidoarum, SD Ngastorejo, SD Karangrowo dan SD Kedungmulyo. Di antara sekolah-sekolah tersebut, SD Tambahmulyo 01 dijadikan sebagai kelas eksperimen yang secara khusus menerapkan metode eksperimen terbimbing, sementara SD Tambahmulyo 02 bersama dengan sekolah- sekolah lainnya berfungsi sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam hasil belajar dan sikap ilmiah antara siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Siswa yang mengikuti metode eksperimen terbimbing menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam pemahaman konsep IPAS dan pengembangan sikap ilmiah, dibandingkan dengan siswa yang melanjutkan pembelajaran dengan metode konvensional. Temuan ini menegaskan Pengaruh metode eksperimen terbimbing dalam konteks pendidikan dasar, khususnya dalam pembelajaran IPAS. Kesimpulannya, penelitian ini menyimpulkan bahwa metode eksperimen terbimbing merupakan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa. Penggunaan metode ini di kelas eksperimen, khususnya di SD Tambahmulyo 01, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan IPAS di sekolah-sekolah dasar. Temuan ini menyarankan perlunya integrasi metode eksperimen terbimbing dalam kurikulum pendidikan dasar untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih aktif, inovatif, dan efektif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd, Pembimbing I Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd, Pembimbing II
Kata Kunci: Metode Pembelajaran IPA, Eksperimen Terbimbing, Hasil belajar dan sikap ilmiah.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Aug 2024 18:47
Last Modified: 07 Aug 2024 18:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21909

Actions (login required)

View Item View Item