Pengaruh model problem based learning dan discovery learning dalam pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar ipas sd

NURJANAH, SEPTIANI (2024) Pengaruh model problem based learning dan discovery learning dalam pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar ipas sd. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (501kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (826kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (673kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) menjelaskan Pengaruh model Problem Based Learning dalam pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV, (2) menjelaskan Pengaruh model Discovery Learning dalam pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV, dan (3) menjelaskan Pengaruh model Problem Based Learning dalam pembelajaran berdiferensiasi dibandingkan model Discovery Learning dalam pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPAS siswa kelass IV. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu quasi experimental dengan desain nonequivalen control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IV Gugus Dewi Sartika dengan sampel di SDN Trimulyo 01, SDN Pekuwon dan SDN Bendar. Teknik dan instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan tes. Analisis data menggunakan uji Pengaruh hasil belajar siswa terhadap model Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPAS. Hasil penelitian ini adalah (1) model Problem Based Learning efektif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV dengan nilai dan t_tabel=1,686. Karena t_hitung>t_((1-α),(dk)) maka H_0 ditolak. (2) model Discovery Learning dalam pembelajaran berdiferensiasi efektif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV dengan nilai t_hitung=5,059 dan t_tabel=1,686. Karena t_hitung>t_((1-α),(dk)) maka H_0 ditolak. dan (3) model Discvovery Learning berpendekatan pembelajaran berdiferensiasi lebih baik daripada model Project Based Learning berpendekatan berdiferensiasi kelas IV, dengan nilai harga t_hitung=-0,237 dan t_tabel=1,686. Karena t_hitung>t_((1-α),(dk)) maka H_0 diterima. Saran dari hasil penelitian ini menyebutkan bahwa (1) guru hendaknya lebih sering melakukan refleksi diri tentang kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan; (2) guru dapat melakukan analisis terhadap karakteristik dan kebutuhan siswa untuk tindak lanjut dengan perencanaan pembelajaran yang tepat; (3) pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka sebaiknya melakukan asesmen diagnostik terlebih dahulu untuk memudahkan guru dalam bertindak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd.,
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Discovery Learning, Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Aug 2024 19:01
Last Modified: 07 Aug 2024 19:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21910

Actions (login required)

View Item View Item