Analisis yuridis terhadap nilai ekonomi atas penggunaan hak cipta musik sebagai objek Jaminan fidusia

Yunita, Salsa Rahma (2024) Analisis yuridis terhadap nilai ekonomi atas penggunaan hak cipta musik sebagai objek Jaminan fidusia. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (645kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (932kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian yang berjudul “ANALISIS YURIDIS TERHADAP NILAI EKONOMI ATAS PENGGUNAAN HAK CIPTA MUSIK SEBAGAI OBJEK JAMINAN FIDUSIA” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui kedudukan dari nilai ekonomi hak cipta musik sebagai objek jaminan fidusia dan mengetahui ketentuan pemberian jaminan fidusia terhadap hak cipta musik di negara-negara lain serta peluang pemberian jaminan fidusia pada hak cipta musik jika diterapkan di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis normatif dengan menggunakan spesifikasi penelitian yakni deskriptif analitis. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni dilakukan dengan studi kepustakaan atau studi dokumen. Sumber data yang diperoleh dalam melakukan penelitian ini yakni menggunakan data sekunder, bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedudukan dari nilai ekonomi hak cipta musik sebagai objek jaminan fidusia, di Indonesia kedudukan hak cipta musik sebagai objek jaminan belum diterima oleh banyak pihak khususnya pihak perbankan, hal ini karena masih minimnya undang-undang atau pengaturan yang berlaku sehingga lembaga keuangan di Indonesia masih enggan untuk menerima hak cipta musik sebagai objek jaminan fidusia. Ketentuan pemberian jaminan fidusia terhadap hak cipta musik di negara-negara lain dapat dilihat dari negara Amerika Serikat, Thailand, Singapura dan China telah terdapat peraturan dan telah menjalankan hak cipta sebagai objek jaminan fidusia di masing-masing negara tersebut. Pemerintah Indonesia dapat berkaca dan melihat bagaimana ketentuan tersebut sehingga bisa menerapkan hak cipta musik sebagai objek jaminan fidusia di Indonesia. Peluang pemberian jaminan fidusia pada hak cipta musik jika diterapkan di Indonesia dalam hal ini hak cipta musik sebagai objek jaminan fidusia berpeluang untuk dapat dijalankan di Indonesia ketentuan tersebut dapat dilihat pada Undang-Undang Hak Cipta Pasal 87 ayat (1) dan (2), telah adanya pula keputusan LMKN yang mengatur tentang masing-masing jumlah royalti musik yang akan diambil berdasarkan tempat dimana musik memiliki nilai komersial, selain itu dipertegas kembali pada pasal 18 ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2022 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif dan Pada Pasal 3 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dwiyana Achmad Hartanto, S.H., S.H.I., M.H selaku Dosen Pembimbing I Wahyu Edy Amrulloh S.H., M.H selaku Dosen Pembimbing II
Kata Kunci: Nilai Ekonomi, Hak Cipta Musik, Objek Jaminan, Fidusia
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Aug 2024 23:30
Last Modified: 08 Aug 2024 23:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21958

Actions (login required)

View Item View Item