Sistem informasi perkembangan belajar anak berkebutuhan khusus pada sekolah luar biasa (slb) negeri cendono kudus menggunakan metode user centered design (ucd) berbasis web

Erfendo, Alfin (2024) Sistem informasi perkembangan belajar anak berkebutuhan khusus pada sekolah luar biasa (slb) negeri cendono kudus menggunakan metode user centered design (ucd) berbasis web. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (983kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy

Abstrak

SLB Negeri Cendono Kudus merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bergerak dalam pelayanan anak berkebutuhan khusus yang ada di Kabupaten Kudus tepatnya di Kecamatan Dawe, Desa Cendono, Kudus. Anak berkebutuhan khusus adalah istilah yang digunakan untuk menyebut anak yang mempunyai kebutuhan pendidikan yang berbeda atau khusus dibandingkan dengan anak lain karena kondisi fisik, mental, emosional atau perkembangan yang berbeda. Kebutuhan khusus dapat digolongkan menjadi beberapa ketunaan yang meliputi, tunanetra, tunagrahita, tunadaksa, tunarungu dan autis. Dengan berbagai ketunaan yang berbeda-beda tersebut, maka harus ada perlakuan yang berbeda-beda juga dalam mendidik anak berkebutuhan khusus. Pada SLB Negeri Cendono Kudus, perkembangan dari anak berkebutuhan khusus sangat diperhatikan supaya dapat mengembangkan potensi dari anak berkebutuhan khusus, dari pembelajaran, keterampilan, sopan santun dan sosialisasi. Maka peranan guru sangat penting dalam memberikan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus serta perlu juga dukungan dari orang tua dalam memberikan didikan yang baik. Dengan itu perlu adanya komunikasi antar guru dan orang tua atau wali murid dalam proses monitoring, konsultasi serta evaluasi untuk meningkatkan perkembangan belajar anak berkebutuhan khusus. Komunikasi sangat penting untuk dijalin antara guru dan orang tua atau wali murid, guna dapat membahas cara pola didik anak, pemantauan perkembangan anak di sekolah serta konsultasi yang dilakukan oleh wali murid kepada guru. Permasalahan yang dialami kurangnya komunikasi yang dijalin antara guru dengan wali murid dikarenakan wali murid tidak dapat terus memantau anaknya di sekolah. Permasalahan ini dapat berakibat juga kepada anak berkebutuhan khusus jika komunikasi antar guru dan wali murid terhambat, dikarenakan wali murid akan kurang paham bagaimana pola didik yang benar untuk anak berkebutuhan khusus. Oleh karena itu dibutuhkan sistem yang dapat digunakan oleh orang tua maupun guru dalam proses pemantauan atau monitoring, konsultasi serta dapat digunakan untuk melihat laporan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada wali murid dalam proses pemantauan perkembangan anaknya di sekolah supaya dapat mempermudah wali murid untuk mendapatkan informasi. Sistem yang dibangun juga berdasarkan metode User Centered Design (UCD) atau Desain yang berfokus pada pengguna, jadi pengguna dapat memberikan penilaian mereka untuk sistem yang dibuat, dengan sebuah perhitungan skala likert untuk mengetahui seberapa puaskah pengguna. Hasil yang diharapkan dapat membantu pemangku kepentingan dalam membantu proses perkembangan belajar anak berkebutuhan khusus yang membantu dalam pengembangan pola didik belajar anak oleh wali murid dengan baik. Penelitian ini akan menghasilkan sistem informasi perkembangan belajar anak berkebutuhan khusus pada sekolah luar biasa (SLB) Negeri Cendono Kudus menggunakan metode user centered design (UCD) berbasis web.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1. Diana Laily Fithri, S.Kom, M.Kom. DOSEN PEMBIMBING 2. R. Rhoedy Setiawan, S.Kom, M.Kom., MTA
Kata Kunci: Monitoring, Konsultasi, Komunikasi, User Centered Design (UCD).
Subjects: Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Sistem Informasi Manajemen
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Aug 2024 21:30
Last Modified: 12 Aug 2024 21:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22032

Actions (login required)

View Item View Item