Pengembangan pengukuran panas kontak pad dan piringan cakram menjadi colormap array

Nur Ardiansyah, Erik (2024) Pengembangan pengukuran panas kontak pad dan piringan cakram menjadi colormap array. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of Halaman Judul.pdf]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 TA.pdf]
Preview
Text
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2 TA.pdf] Text
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3 TA.pdf] Text
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4 TA.pdf] Text
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5 TA.pdf] Text
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran TA.pdf] Text
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka TA.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of Surat Pernyataan.pdf] Text
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstrak

Sistem pengereman pada kendaraan digunakan untuk mengurangi energi kinetik pada roda, sehingga dapat mengurangi atau bahkan menghentikan putaran roda. Jenis rem pada mobil listrik perkotaan yang dijual di pasaran adalah tipe rem cakram solid dengan kaliper dua piston. Gesekan yang terjadi pada saat proses pengereman akan menimbulkan kenaikan suhu pada permukaan pad dan permukaan piringan cakram. Penyebaran panas yang terjadi pada piringan cakram cukup berpengaruh dengan keamanan penggunaan piringan cakram itu sendiri. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pemetaan panas yang terjadi pada permukaan piringan cakram secara real time setelah dilakukan pengereman. Metode yang digunakan adalah dengan memasang 6 sensor panas MLX90614 pada posisi masuk dan keluar kaliper, dengan 3 sensor di masing-masing posisi. 3 sensor tersebut dipasang pada titik ri(radius inner), re(radius efective) dan ro (radius outer). Hasil pengukuran sensor akan diolah menjadi visual peta panas (colormap) oleh perangkat lunak Matlab. Visual peta panas (colormap) dipilih untuk mempermudah pembacaan penyebaran panas pada permukaan piringan cakram. Gambar colormap yang berhasil dibuat menunjukkan titik terpanas berada pada titik re yang ditandai dengan warna yang mewakili temperatur tertinggi pada gambar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Rochmad Winarso, S.T., M.T. 2. Dr. Akhmad Zidni Hudaya, S.T., M.Eng.
Kata Kunci: Rem Cakram, Arduino, MLX90614, Colormap
Subjects: Teknologi > Teknik mesin dan mekanik
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Aug 2024 00:17
Last Modified: 15 Aug 2024 00:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22105

Actions (login required)

View Item View Item