Analisis distribusi panas hasil pengukuran kontak pad dan piringan cakram dengan sensor mlx90614 pada sistem pengereman urban car

Setyawan, Malik (2024) Analisis distribusi panas hasil pengukuran kontak pad dan piringan cakram dengan sensor mlx90614 pada sistem pengereman urban car. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy

Abstrak

Dilihat definisi disc brake merupakan kumpulan vital sistem pengereman yang cara kerjanya menggunakan komponen berupa piringan cakram yang dijepit oleh dua buah kampas rem (disc pad) supaya bisa menghentikan memperlambat putaran roda kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi panas pada permukaan piringan cakram pada area/wilayah tertentu tanpa pendingin dan dengan menggunakan pendingin. Pengukuran suhu kontak pad dan piringan cakram dilakukan dibeberapa titik dengan menggunakan sensor jenis MLX90614. Dalam analisis distribusi panas pada permukaan piringan (surface disc) kemudian diterapkan simulasi numerik menggunakan sorftware ansys. Penelitian dilakukan dengan pembebanan pedal 1 kg, 1,5 kg, dan 2 kg dalam waktu 120 detik. Hasil penelitian gaya tekan piston yang diberikan mempengaruhi torsi gesek, semakin besar gaya yang diberikan semakin besar pula suhu permukaan cakram. Temperatur maksimal tiap pembebanan tanpa penndingin terjadinya temperatur permukaan disc brake 34,740 C, 38,640 C dan 53,060 C. Temperatur permukaan disc brake setelah menggunakan pendingin terjadinya penurunan temperatur menjadi 33,890 C, 38,430 C dan 46,470 C. Temperatur dapat berubah ubah dipengaruhi suhu lingkungan, angin dan cuaca saat pengereman.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Rochmad Winarso, S.T., M.T. 2. Dr. Akhmad ZidniHudaya, S.T., M.Eng.
Kata Kunci: disc brake, pad contact, pendingin cakram
Subjects: Teknologi > Teknik mesin dan mekanik
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Aug 2024 18:39
Last Modified: 15 Aug 2024 18:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22112

Actions (login required)

View Item View Item