Setyawan, Malik (2024) Analisis distribusi panas hasil pengukuran kontak pad dan piringan cakram dengan sensor mlx90614 pada sistem pengereman urban car. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Dilihat definisi disc brake merupakan kumpulan vital sistem pengereman yang cara kerjanya menggunakan komponen berupa piringan cakram yang dijepit oleh dua buah kampas rem (disc pad) supaya bisa menghentikan memperlambat putaran roda kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi panas pada permukaan piringan cakram pada area/wilayah tertentu tanpa pendingin dan dengan menggunakan pendingin. Pengukuran suhu kontak pad dan piringan cakram dilakukan dibeberapa titik dengan menggunakan sensor jenis MLX90614. Dalam analisis distribusi panas pada permukaan piringan (surface disc) kemudian diterapkan simulasi numerik menggunakan sorftware ansys. Penelitian dilakukan dengan pembebanan pedal 1 kg, 1,5 kg, dan 2 kg dalam waktu 120 detik. Hasil penelitian gaya tekan piston yang diberikan mempengaruhi torsi gesek, semakin besar gaya yang diberikan semakin besar pula suhu permukaan cakram. Temperatur maksimal tiap pembebanan tanpa penndingin terjadinya temperatur permukaan disc brake 34,740 C, 38,640 C dan 53,060 C. Temperatur permukaan disc brake setelah menggunakan pendingin terjadinya penurunan temperatur menjadi 33,890 C, 38,430 C dan 46,470 C. Temperatur dapat berubah ubah dipengaruhi suhu lingkungan, angin dan cuaca saat pengereman.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Rochmad Winarso, S.T., M.T. 2. Dr. Akhmad ZidniHudaya, S.T., M.Eng. |
Kata Kunci: | disc brake, pad contact, pendingin cakram |
Subjects: | Teknologi > Teknik mesin dan mekanik Teknologi > T1 Teknologi (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 18:39 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 18:39 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
