UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU SOPAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Aryanti, Tri Lutfi (2013) UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU SOPAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (322kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (117kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (273kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (232kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (775kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (136kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (100kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (216kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (545kB)

Abstrak

Tri Lutfi Aryanti, 200931203. Upaya Meningkatkan Perilaku Sopan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I). Dra.Sumarwiyah,M.Pd, Kons (II). Drs. Arista Kiswantoro. Kata Kunci: LayananBimbinganKelompok ;PerilakuSopan. Di era globalisasinilai-nilaibudayabangsa Indonesia sangatbanyakdipengaruhiolehbudayadariluarsehinggamembawapengaruhnegatifterhadapanakbangsa.Kondisiinimengakibatkanpenurunanperilakusopanbeberapasiswa yang sedangdalamjenjangpendidikan.Hal initidakbedanyadengankondisisiswakelas VII MTs Negeri 2 Kudus yang seringberperilakukurangsopan di lingkungansekolah yang dicerminkandalambersosialisasidanberinteraksidengantemantemannyamaupundengan Guru.Supayaperilakusopansiswatidaksemakinmelencengjauhdarinilaidannorma yang ada, makameningkatkanperilakusopansiswaMTs Negeri 2 Kudus sangatpentingdilakukanuntukmengantisipasipenurunanPerilakusopansiswa. Dalampenelitianini, rumusanmasalahadalah: ApakahlayananBimbingankelompokdapatmeningkatkanPerilakuSopanbagisiswaKelas VII MTs Negeri 2 Kudus tahunpelajaran 2012/2013.Tujuandaripenelitianiniyaitu: 1. Mendiskripsikan data PerilakuSopansebelumdansesudahbimbingankelomok2.UntukmeningkatkanperilakusopanmelaluilayananbimbingankelompoksiswaKelas VII MTs.Negeri 2 Kudus tahunPelajaran 2012/2013.Kegunaan teoritis: Hasilpenelitianinidiharapkandapatmemberikansumbanganpemikiranbagiperkembanganilmupengetahuan, khususnyabimbingandankonselingtentang model-model pembinaansiswadenganmenggunakanbimbingankelompoksertapenelitianinijugadapatdijadikandasaruntukpenelitianselanjutnya. Kegunaan praktisnya: 1. Bagisekolahdapatdigunakanolehsekolahataukepalasekolahuntukmenentukankebijakan-kebijakan yang mendukungpelaksanaan program bimbingandankonseling di sekolah. Denganmeningkatkanperilakusopansiswa, makakualitasmerekajugaakanmeningkatbaiksecara individual maupunkelompok .2. Bagi Guru BKdapatdigunakansebagaipeganganataupedomanmelaksanakanlayananbimbingankelompokdalamupayameningkatkanperilakusiswa. Dalampenelitianini yang menjadi variable penelitianadalahlayananbimbingankelompokdalamupayameningkatkanperilakusopansiswa MTs Negeri 2 Kudus.Untuk memperoleh data siswa yang memiliki tingkat perilaku sopan yang rendah peneliti menggunakan metode yaitu : 1. Metode pokok/ utama adalah dengan metode observasi 2. Metode pendukung adalah metode wawancara. Hasilpenelitiandapatdiketahuibahwapeningkatanperilakusopansiswakelas VII MTs Negeri 2 Kudus dapatditingkatkanmelaluilayananbimbingankelompok. Padapenelitianinipenelitimelakukanupayameningkatkanperilakusopansiswamelaluipenelitiantindakanbimbingandankonseling (PTBK) yang dilaksanakansebanyak II siklus. Berdasar kanhasil penelitian dapat ditarik simpulan bahwa pengunaan layanan bimbingan kelompok sangat efektif untuk meningkatkan perilaku sopan siswa hal itu terbukti adanya peningkatanperilakusopansiswasetelahmengikutilayananbimbingankelompokpadasiklus I memperoleh rata-rata 46.14% danpadasiklus II memperoleh rata-rata68.59%,.Penulis menyarankan bagi kepala sekolah, lebih memperhatikan dan memahami perilaku anak baik di lingkungan sekolah , sedangkan untuk konselor sekolah agar mengaktifkan layanan bimbingan kelompok guna membantu siswa meningkatkan perilaku sopannya dengan baik.Kepada Orang tua, diharapkan orang tua/wali murid untuk lebih memperhatikan anak-anaknya terutama membantu anaknya untuk membiasakan diri dengan berperilaku sopan yang baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Feb 2014 05:03
Last Modified: 27 Feb 2014 05:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2241

Actions (login required)

View Item View Item