UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU SOPAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Aryanti, Tri Lutfi (2013) UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU SOPAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (322kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I_PERILAKU_SOPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II_PERILAKU_SOPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III_PERILAKU_SOPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV_PERILAKU_SOPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V_PERILAKU_SOPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI_PERILAKU_SOPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (216kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_PERILAKU_SOPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (545kB)

Abstrak

Tri Lutfi Aryanti, 200931203. Upaya Meningkatkan Perilaku Sopan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I). Dra.Sumarwiyah,M.Pd, Kons (II). Drs. Arista Kiswantoro. Kata Kunci: LayananBimbinganKelompok ;PerilakuSopan. Di era globalisasinilai-nilaibudayabangsa Indonesia sangatbanyakdipengaruhiolehbudayadariluarsehinggamembawapengaruhnegatifterhadapanakbangsa.Kondisiinimengakibatkanpenurunanperilakusopanbeberapasiswa yang sedangdalamjenjangpendidikan.Hal initidakbedanyadengankondisisiswakelas VII MTs Negeri 2 Kudus yang seringberperilakukurangsopan di lingkungansekolah yang dicerminkandalambersosialisasidanberinteraksidengantemantemannyamaupundengan Guru.Supayaperilakusopansiswatidaksemakinmelencengjauhdarinilaidannorma yang ada, makameningkatkanperilakusopansiswaMTs Negeri 2 Kudus sangatpentingdilakukanuntukmengantisipasipenurunanPerilakusopansiswa. Dalampenelitianini, rumusanmasalahadalah: ApakahlayananBimbingankelompokdapatmeningkatkanPerilakuSopanbagisiswaKelas VII MTs Negeri 2 Kudus tahunpelajaran 2012/2013.Tujuandaripenelitianiniyaitu: 1. Mendiskripsikan data PerilakuSopansebelumdansesudahbimbingankelomok2.UntukmeningkatkanperilakusopanmelaluilayananbimbingankelompoksiswaKelas VII MTs.Negeri 2 Kudus tahunPelajaran 2012/2013.Kegunaan teoritis: Hasilpenelitianinidiharapkandapatmemberikansumbanganpemikiranbagiperkembanganilmupengetahuan, khususnyabimbingandankonselingtentang model-model pembinaansiswadenganmenggunakanbimbingankelompoksertapenelitianinijugadapatdijadikandasaruntukpenelitianselanjutnya. Kegunaan praktisnya: 1. Bagisekolahdapatdigunakanolehsekolahataukepalasekolahuntukmenentukankebijakan-kebijakan yang mendukungpelaksanaan program bimbingandankonseling di sekolah. Denganmeningkatkanperilakusopansiswa, makakualitasmerekajugaakanmeningkatbaiksecara individual maupunkelompok .2. Bagi Guru BKdapatdigunakansebagaipeganganataupedomanmelaksanakanlayananbimbingankelompokdalamupayameningkatkanperilakusiswa. Dalampenelitianini yang menjadi variable penelitianadalahlayananbimbingankelompokdalamupayameningkatkanperilakusopansiswa MTs Negeri 2 Kudus.Untuk memperoleh data siswa yang memiliki tingkat perilaku sopan yang rendah peneliti menggunakan metode yaitu : 1. Metode pokok/ utama adalah dengan metode observasi 2. Metode pendukung adalah metode wawancara. Hasilpenelitiandapatdiketahuibahwapeningkatanperilakusopansiswakelas VII MTs Negeri 2 Kudus dapatditingkatkanmelaluilayananbimbingankelompok. Padapenelitianinipenelitimelakukanupayameningkatkanperilakusopansiswamelaluipenelitiantindakanbimbingandankonseling (PTBK) yang dilaksanakansebanyak II siklus. Berdasar kanhasil penelitian dapat ditarik simpulan bahwa pengunaan layanan bimbingan kelompok sangat efektif untuk meningkatkan perilaku sopan siswa hal itu terbukti adanya peningkatanperilakusopansiswasetelahmengikutilayananbimbingankelompokpadasiklus I memperoleh rata-rata 46.14% danpadasiklus II memperoleh rata-rata68.59%,.Penulis menyarankan bagi kepala sekolah, lebih memperhatikan dan memahami perilaku anak baik di lingkungan sekolah , sedangkan untuk konselor sekolah agar mengaktifkan layanan bimbingan kelompok guna membantu siswa meningkatkan perilaku sopannya dengan baik.Kepada Orang tua, diharapkan orang tua/wali murid untuk lebih memperhatikan anak-anaknya terutama membantu anaknya untuk membiasakan diri dengan berperilaku sopan yang baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Feb 2014 05:03
Last Modified: 27 Feb 2014 05:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2241

Actions (login required)

View Item View Item