Pengaruh Stimulasi Visual untuk meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Disleksia

Kawuryan, Fajar dan Raharjo, Trubus dan Khaninah, Anik Nur dan Sulistiyani , Atik dan J, Meida Syifa dan Rasyida, Hariratul Aini dan Ningrum, Novita (2012) Pengaruh Stimulasi Visual untuk meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Disleksia. [Laporan penelitian] (Unpublished)

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Submitted Version
Download (94Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Submitted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (73Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Submitted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (14Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Submitted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (14Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Submitted Version
          Restricted to hanya untuk Staf Repositori

          Download (101Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Submitted Version
            Restricted to hanya untuk Staf Repositori

            Download (51Kb) | Request a copy
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (Daftar Pustaka) - Submitted Version
              Download (96Kb) | Tinjau ulang
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Lampiran (Biodata)) - Submitted Version
                Download (61Kb) | Tinjau ulang

                  Abstrak

                  ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh stimulasi visual terhadap kemampuan membaca pada anak disleksia di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Bacin 2 dan SD Bacin 3 Kecamatan Bae Kudus. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswa yang termasuk dalam kategori anak yang berkategori sebagai anak disleksia (gangguan membaca). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada siswa melalui stimulasi visual dengan menggunakan metode one group pre test-post test design. Hasil pengolahan data menunjukkan koefisien beda t1.2 sebesar 3,141dengan p sebesar 0,005 (p < 0,05). Hal ini juga ditunjukkan dengan perbedaan rerata keduanya yaitu rerata post tes data kemampuan membaca siswa SD yang disleksia sebesar 170,910 lebih tinggi dibandingkan dengan retata pre tes data kemampuan membaca siswa SD yang disleksia sebesar 90,173. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pre tes dan post tes terhadap kemampuan membaca siswa SD yang disleksia sebelum dan sesudah diberikan perlakukan dengan stimulasi visual. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan kemampuan membaca sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan stimulasi visual pada anak disleksia, di mana kemampuan membaca siswa SD yang disleksia lebih tinggi setelah diberikan perlakuan daripada sebelum diberikan perlakukan. ABSTRACT: This study aimed to investigate the influence of visual stimulation on the ability of dyslexic children to read in elementary school. The research was conducted in SD 2 and SD 3 rotten Holy Bae District. The sample in this study were students in the category of children as dyslexic children (reading disorder). The sample in this study amounted to 21 students. This research uses experimental research by providing treatment to students through visual stimulation using a one group pre test-post test design. Data processing results show t1.2 different coefficient of 3.141 with a p = 0.005 (p <0.05). It is also indicated by the mean difference in both the average post-test data reading skills of elementary students are dyslexic 170.910 retata higher than pre test data reading skills of elementary school students are dyslexic of 90.173. These results indicate that there is a significant difference between pre test and post test of students' reading ability of dyslexic SD before and after treatment with visual stimulation. Based on the results of data analysis showed no differences in reading ability before and after visual stimulation treatment in children with dyslexia, in which the reading skills of elementary school students that dyslexia is given higher after treatment than before treatment is given.

                  Tipe dokumen: Laporan penelitian
                  Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, Stimulasi Visual, Disleksia
                  Subjects: FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Psikologi perkembangan. Meliputi psikologi perkembanga bayi, anak, remaja, dewasa lanjut usia.
                  Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Membaca (Umum)
                  Divisions: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
                  Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
                  Tanggal Deposit: 09 Apr 2012 13:19
                  Last Modified: 09 Apr 2012 13:19
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/233

                  Actions (login required)

                  View Item