Perlindungan hukum konsumen klinik kecantikan atas wanprestasi pelaku usaha ditinjau dari uu no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan kuhperdata

Nisa, Mela Khoirun (2024) Perlindungan hukum konsumen klinik kecantikan atas wanprestasi pelaku usaha ditinjau dari uu no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan kuhperdata. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Skripsi dengan judul "Perlindungan Hukum Konsumen Klinik Kecantikan atas Wanprestasi Pelaku Usaha Ditinjau dari UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan KUHPerdata", secara umum bertujuan: 1) Mengetahui perlindungan hukum bagi konsumen klinik kecantikan atas wanprestasi pelaku usaha ditinjau dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999; 2) Bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen klinik kecantikan atas wanprestasi pelaku usaha ditinjau dari Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Metode pengumpulan data sekunder atau studi kepustakaan (buku-buku, dokumen-dokumen, catatan-catatan, laporan-laporan serta peraturan perundang-uradangan yang berhubungan dengan objek yang diteliti) yang kemudian diperiksa, diolah, dan dianalisa secara kualitatif, selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa faktor yang melatar belakangi permasalahan di Klinik Indira Aesthetic yang berada di Jl. Tukad Barito 29 Panjer Denpasar, Bali (putusan no.776/pid.sus/2013/PN.Dps): Pembelian produk kosmetik yang diberikan oleh dokter klinik kecantikan tidak sesuai dengan klaim atau manfaat yang telah diperjanjikan telah menimbulkan wanprestasi yang dilakukan oleh pelaku usaha. Perlindungan hukum bagi konsumen yang mengalami wanprestasi oleh pelaku usaha diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Pasal 1243 KUHPerdata

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Yusuf Istanto SH, MH., Dosen Pembimbing: 2. Afif Syafiuddin
Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Klinik Kecantikan, Wanprestasi.
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Apr 2025 02:49
Last Modified: 21 Apr 2025 02:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23321

Actions (login required)

View Item View Item