Penerapan Model Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA materi Sifat-sifat Cahaya pada Siswa Kelas V SD N 1 Mlati Lor.

Setiawan, Aji Dimas (2013) Penerapan Model Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA materi Sifat-sifat Cahaya pada Siswa Kelas V SD N 1 Mlati Lor. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (718kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (405kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (573kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (802kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (291kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (221kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (175kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Aji Setiawan, Dimas. 2013. Penerapan Model Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA materi Sifat-sifat Cahaya pada Siswa Kelas V SD N 1 Mlati Lor. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus.Dosen Pembimbing (1) Drs. Sucipto, M.Pd. Kons (2) Khamdun, M.Pd. Kata kunci: CTL, Hasil Belajar IPA, Sifat-Sifat Cahaya. Rendahnya hasil belajar ini tidak terlepas dari proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Hal ini perlu adanya upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA yang meliputi ranah kognitif, psikomotor dan afektif.Upaya tersebut dapat direalisasikan dengan penggunaan model pembelajaran yang relevan dengan mata pelajaran IPA.Salah satu model pembelajaran yang dapat membimbing siswa untuk bersama-sama terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan mampu membantu siswa berkembang sesuai dengan taraf intelektualnya adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) penerapan model Contextual Teaching and Learningpada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN 1 Mlati Lor Kudus, (b) peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya setelah diterapkannya model Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas V SDN 1 Mlati Lor Kudus. Contextual Teaching and Learning adalah suatu model pembelajaran yang proses pembelajarannya yang mengaitkan pengalaman siswa di lingkungan sekitar mereka dengan materi pelajaran yang mereka pelajari di sekolah. Hasil belajar IPA merupakan proses akhir pembelajaran dimana data-datanya berupa angka, hasil pembelajaran dalam penelitian ini di khususkan pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah sebagai berikut: “penerapan model Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan hasil belajar materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN 1 Mlati Lor Kabupaten Kudus. Setting atau tempat yang akan peneliti jadikan sebagai tempat penelitian adalah di SD N 1 Mlati Lor. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 42 orang. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencana, perlakuan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model CTL.Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPAmateri sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN 1 Mlati Lor.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA siswa pada materi sifat-sifat cahayayang cukup signifikan antara prasiklus (21,42 %), siklus I (61,91 %), dan siklus II (76,19 %), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar IPA siswa dari skor rata-rata siklus I 2,75 (baik) menjadi 3,05 (baik) di siklus II. Pengelolaan pembelajaran CTL juga mengalami peningkatan dari skor rata-rata siklus I 2,85 (baik) menjadi 3,20 (baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN 1 Mlati Lor.Untuk itu diharapkan guru dapat menerapkan model CTL dapat dijadikan salah satu alternatif solusi dalam mengatasi permasalahan-permasalahan pembelajaran IPA di kelas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing (1) Drs. Sucipto, M.Pd. Kons (2) Khamdun, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: CTL, Hasil Belajar IPA, Sifat-Sifat Cahaya.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 06 Mar 2014 04:11
Last Modified: 06 Mar 2014 04:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2359

Actions (login required)

View Item View Item