PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD I MLATINOROWITO KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS

Setyaningsih, Widi (2013) PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD I MLATINOROWITO KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (925kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (263kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (383kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (354kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (623kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (205kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (228kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Setyaningsih,Widi. 2012. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas V SD I Mlatinorowito. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus. Drs. Sucipto, M.Pd,Kons dan Khamdun,S.Pd, M.Pd, Pembelajaran bahasa Indonesia menurut KTSP diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Hasil observasi di kelas V SD I Mlatinorowito Kudus diperoleh guru dalam mengajar belum menggunakan model dan media yang bervariasi. Kegiatan belajar mengajar berlangsung membosankan. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD I Mlatinorowito Kudus, dilakukan penelitian tindakan kelas menggunakan model Role Playing berbantuan media video pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana prosedur role playing dengan meningkatkan aktivitas belajar bahasa Indonesia materi keterampilan berbicara serta apakah model role playing berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan ketrampilan berbicara siswa kelas V SD I Mlatinorowito. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan prosedur role playing dengan meningkatkan aktivitas belajar bahasa Indonesia materi keterampilan berbicara serta menemukan peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN I Mlatinorowito setelah diterapkan model role playing. Keterampilan berbicara merupakan kemampuan seseorang mengungkapkan sebuah pesan kepada orang lain yang bertujuan untuk menciptakan hubungan sosial.Untuk meningkatkan kemampuan berbicara dibutuhkan metode dan media yang bervariasi. Metode pembelajan Role Playing merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan ketrampilan berbicara dimana siswa mempelajari cara penguasaan bahan- bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan. Untuk mendukung itu dibutuhkan media video sehingga siswa lebih aktif dalam berinteraksi dengan materi. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah Penerapan model Role Playing berbantuan Media Video Pembelajaran dapat meningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SD I Mlatinorowito Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model Role Playing dengan media video pembelajaran yang dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas V SD I Mlatinorowito Kudus. Instrumen yang digunakan adalah Lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti membuat tiga jenis lembar observasi yakni untuk mengukur ketrampilan guru mengajar dan aktifitas siswa yang kedua faktor tersebut mempengaruhi ketrampilan berbicara. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase ketuntasan klasikal keterampilan berbicara siswa pada siklus I adalah 19,24 dengan kriteria baik . Persentase ketuntasan klasikal keterampilan berbicara siswa pada Siklus II meningkat menjadi 22,73. Simpulan penelitian ini adalah melalui model Role Playing dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara siswa kelas V SD I Mlatinorowito Kudus. Saran yang diberikan adalah model Role Playing dengan media video pembelajaran perlu diterapkan dalam pembelajaran, terutama pembelajaran keterampilan berbicara karena dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara siswa. Kata kunci : Keterampilan berbicara, model Role Playing dengan media video pembelajaran

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Drs.Sucipto,M.Pd.Kons
Uncontrolled Keywords: pendidikan dasar,pgsd
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 03:12
Last Modified: 27 Mar 2014 03:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2361

Actions (login required)

View Item View Item