PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 6 TANJUNGREJO KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS

Setyobudi, Noviyono (2013) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 6 TANJUNGREJO KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (531kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (207kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (311kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (335kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (356kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (292kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (160kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (158kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Setiyobudi, Noviyono, NIM. 200933066. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pada Siswa Kelas IV SDN 6 Tanjungrejo Kecmatan Jekulo Kabupaten Kudus. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Program Studi Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., (ii) Sumaji, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar, Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif, guru masih menggunakan metode ceramah, pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa tidak berani mengajukan pertanyaan, dan siswa kurang berperan aktif di dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan pada siswa kelas IV SD 6 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan kelas IV menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) SD 6 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Model pembelajaran Contextual Teaching and learning (CTL) merupakan model pembelajaran yang mampu menghubungkan antara materi yang diajarkan dan situasi dunia nyata siswa sehingga siswa memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermakna dan lebih kuat melekat dalam pikiran mereka. Adapun langkah-langkah model Contextual Teaching and Learning (CTL): (1) Contsructivism, (2) Inquiry , (3) Questioning, (4) Learning community, (5) Modelling, (6) Reflecting, dan (7) Authentic assessment. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Adapun rancangan penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah mengguakan model Kemmis dan McTaggart. Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaaan, observasi, dan refleksi. Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan tes. Aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran CTL, pada siklus I diperoleh skor rata-rata 49 dari skor maksimal 60. Sehingga perolehan persentase aktivitas peneliti adalah 82% termasuk dalam kualifikasi baik. Sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 53 dari skor maksimal 60. Sehingga perolehan persentase aktivitas peneliti adalah 88,33% termasuk dalam kualifikasi sangat baik. Hasil belajar keaktifan siswa dalam pembelajaran Matematika pada siklus I diperoleh jumlah 698 dan persentase rata-rata 75,86% termasuk dalam kualifikasi Baik. Sedangkan pada siklus II persentase rata-ratanya meningkat menjadi 745 dan persentase rata-rata 80,97 % termasuk dalam kualifikasi Baik. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD 6 Tanjungrejo dapat meningkat dan berhasil dengan baik setelah digunakannya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Saran setelah dilakukan penelitian ini ialah sebelum menggunakan model pembelajaran CTL diharapkan peneliti lebih memahami arti model pembelajaran CTL agar tercipta hasil belajar yang baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Dr.Sri Utamaningsih,M.Pd
Uncontrolled Keywords: pendidikan dasar,pgsd
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 03:12
Last Modified: 27 Mar 2014 03:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2362

Actions (login required)

View Item View Item