Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Kesebangunan dan Simetri Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division pada Siswa Kelas V SD 1 Ngaluran Demak

Anwar, Mei Fika. P (2013) Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Kesebangunan dan Simetri Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division pada Siswa Kelas V SD 1 Ngaluran Demak. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (624Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (179Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (265Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (369Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (532Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (262Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (99Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (176Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3414Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Anwar, Mei Fika P. 2013. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Kesebangunan dan Simetri Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division pada Siswa Kelas V SD 1 Ngaluran Demak. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing I Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd., Pembimbing II Sumaji, S.Pd. M,Pd. Kata-kata kunci: prestasi belajar matematika, Student Teams Achievement Division. Pelajaran matematika disampaikan pada siswa sebagai produk yang sudah jadi, bukan sebagai proses sehingga siswa hanya menerima pengotahuan secara pasif. Permasalahan tersebut juga terjadi di SD 1 Ngaluran pada materi kesebangunan dan simetri yaitu siswa hanya menghafal rumus, dan kurang berinteraksi untuk memecahkan permasalahan sehingga penjelasan materi sangat susah ditangkap oleh siswa. Data awal prestasi belajar siswa sebanyak 51,11% belum tuntas dan 48,89% sudah tuntas dengan kriteria ketuntasan minimal ialah 60. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalahnya “Apakah model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi kesebangunan dan simetri pada siswa kelas V SD 1 Ngaluran Demak?”. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi kesebangunan dan simetri siswa kelas V SD 1 Ngaluran Demak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SD 1 Ngaluran yang dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2013. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes prestasi belajar, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Keterampilan guru siklus 1 memperoleh rata-rata skor 19,50 berkategori baik, meningkat pada siklus 2 menjadi 23 berkategori sangat baik. Aktivitas belajar siswa siklus 1 memperoleh rata-rata skor 23,60 berkategori baik, meningkat pada siklus 2 menjadi 25,92 berkategori baik. Kondisi awal siswa sebelum melaksanakan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 48,89% dengan rata-rata 63,40 meningkat pada siklus 1 menjadi 76,74% dengan rata-rata 70,23 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 86,67% dengan rata-rata 79,33. Simpulan pada penelitian ini ialah dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, aktivitas belajar siswa, serta ketrampilan guru. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti yang lain dapat mengembangkan penelitian yang lebih kreatif dan inovatif terhadap pembelajaran matematika misalnya dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing I Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd., Pembimbing II Sumaji, S.Pd. M,Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: prestasi belajar matematika, Student Teams Achievement Division.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 06 Mar 2014 14:24
                    Last Modified: 06 Mar 2014 14:24
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2367

                    Actions (login required)

                    View Item