Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Pendekatan Open-Ended Materi Jaring-Jaring Balok dan Kubus Kelas IV SDN Wonoketingal 1.

Dewi, Afry Pusvita (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Pendekatan Open-Ended Materi Jaring-Jaring Balok dan Kubus Kelas IV SDN Wonoketingal 1. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (361Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (187Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (260Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (328Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (177Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (16Kb) | Request a copy
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
              Download (232Kb) | Tinjau ulang
                [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (1368Kb) | Request a copy

                  Abstrak

                  Dewi, Afry Pusvita. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Pendekatan Open-Ended Materi Jaring-Jaring Balok dan Kubus Kelas IV SDN Wonoketingal 1. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Drs. Masturi, M.M, (II) Eka Zuliana, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Pendekatan Open-Ended. Pembelajaran matematika di sekolah dasar pada saat ini masih jauh dari apa yang diharapkan. Pembelajaran yang dilaksanakan masih menggunakan pembelajaran yang konvensional. Pemecahan masalah sebagai fokus dalam pembelajaran hanya menyajikan masalah tertutup dengan solusi tunggal saja. Adapun penyajian masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara penyelesaian belum dilaksanakan dengan baik. Sehingga hasil belajar dan keterampilanguru rendah serta aktivitas belajar matematika siswa cenderung pasif. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “Apakah penggunaan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Wonoketingal 1 pada materi jaring-jaring balok dan kubus?”. Dengan Open-Ended approach dalam pembelajaran matematika diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Wonoketingal 1 pada materi jaring-jaring balok dan kubus dengan menggunakan pendekatan Open-Ended. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 65,2% dengan rata-rata 54,9 meningkat pada siklus I menjadi 53,8% dengan rata-rata 53,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan rata-rata 84,2. Aktivitas belajar siswa secara individu pada siklus I mendapat rata-rata 2,23 dengan kualifikasi “cukup baik” meningkat pada siklus II menjadi 3,5 dengan kualifikasi “sangat baik”. Keterampilanmengajar guru pada siklus I mendapatkan rata-rata 3,15 dengan kualifikasi “baik” meningkat pada siklus II menjadi 3,8 dengan kualifikasi “sangat baik”. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan mengajar guru. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti yang lain dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan pendekatan Open-Ended dengan memunculkan variasi jawaban yang beragam dari siswa.

                  Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                  Additional Information: Pembimbing: (I) Drs. Masturi, M.M, (II) Eka Zuliana, M.Pd.
                  Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Pendekatan Open-Ended.
                  Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                  Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                  Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                  Tanggal Deposit: 08 Mar 2014 08:49
                  Last Modified: 08 Mar 2014 08:49
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2369

                  Actions (login required)

                  View Item