SAKDILA DEWTAMI, ANINDRI (2024) Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan media poster terhadap peningkatan motivasi belajar pada siswa smk n 1 gunem rembang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang dilakukan oleh dalam diri maupun dari luar untuk memacu semangat belajar dari siswa agar timbul keinginan ataupun kemauan dalam meningkatkan kegiatan yang berhubungan dengan belajar yang dimaksud untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Motivasi belajar juga faktor pendorong untuk berbuat sesuai dengan pengetahuan sehingga dapat menghasilkan prestasi belajar yang sesuai dengan apa yang telah diharapkan. Layanan bimbingan kelompok dengan media poster dapat membangkitkan semangat keinginan dan minat yang baru kepada siswa. Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini yaitu meningkatkan motivasi belajar dengan media poster terhadap siswa kelas X AKL SMK N 1 GUNEM. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan media poster yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK N 1 GUNEM. 2. Meningkatkan motivasi belajar siswa yang lebih baik melalui layanan bimbingan kelompok dengan media poster. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa saat pelaksanaan pretest terdapat 8 peserta didik yang mendapatkan nilai rata-rata skornya adalah 52 (rendah). Maka dari 8 peserta didik tersebut mendapatkan treatment untuk meningkatkan motivasi belajar. Setelah melaksanakan treatment, maka peneliti melakukan postest dan mendapatkan hasil nilai dengan rata-rata skor 80 (tinggi). Sehingga skor peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar peserta didik adalah sebesar 28. Berdasarkan hasil dari hasil uji-t dimana motivasi belajar yang diakukan sebelum penggunaan layanan bimbingan kelompok media poster dapat dilihat bahwa t hitung 1.365 dan t tabel 2.07387 (df 23) dengan nilai signifikansi p sebesar 0,179. Oleh karena t hitung 1.365 < ttabel 2.07387, dan nilai signifikansi 0,179 > 0,05, maka hasil ini menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Indah Lestari, S.Pd., M.Pd, Kons, Dosen Pembimbing: 2.Drs. Edris Zamroni, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Motivasi Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok, Media Poster |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:29 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:29 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23746 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
