AR-ROSYID, HAFIDH (2024) Mengatasi kebiasaan membolos melalui konseling behavioristik dengan teknik kontrak perilaku pada siswa kelas 8c smpn 4 bae kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Prestasi siswa yang menurun salah satu penyebabnya karena kebiasaan siswa membolos yang harus segera diatasi dengan menggunakan konseling behavioristik melalui teknik kontrak perilaku. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SMPN 4 Bae Kudus. Rumusan masalah ini adalah: 1) Apa saja faktor penyebab siswa membolos di SMPN 4 Bae Kudus? 2) Apakah penerapan konseling behavioristik dengan teknik kontrak perilaku dapat mengatasi siswa membolos kelas 8C di SMPN 4 Bae? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menemukan faktor yang menjadi penyebab siswa membolos di SMPN 4 Bae Kudus, 2) Untuk mengatasi perilaku membolos melalui konseling behhavioristik dengan kontrak perilaku siswa kelas 8C di SMPN 4 Bae Kudus. Kebiasaan membolos adalah perilaku tidak masuk sekolah tanpa alasam tertentu baik saat pelajaran sedang berlangsung. Layanan konseling behavioristik adalah serangkaian hubungan mengenai perilaku manusia dengan tujuan mengubah sikap dan tinggka laku yang baik sesuai dengan norma yang berlaku di lingkungan. Kemudian teknik yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik kontrak perilaku. Teknik kontrak perilaku adalah teknik yang diterapkan berdasarkan adanya kesepakatan antara konselor dan konseli yang bertujuan untuk mengubah tingkah laku negatif menjadi tingkah laku yang positif. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang dirancang dalam bentuk studi kasus. Subjek yang diteliti berjumlah 2 orang. Objek yang diteliti di SMPN 4 Bae Kudus. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa faktor penyebab siswa membolos MNR dan FAD dipengaruhi oleh dua faktor penyebab internal dan eksternal yang meliputi: 1)Faktor internal: lambat dalam belajar (slow learner), yang menyebabkan kurang dorongan untuk berprestasi dan kurang kemampuan dalam penyesuaian diri. 2)Faktor eksternal: kurangnya perhatian orang tua dalam pergaulan MNR dan FAD, selain itu MNR ikut kakaknya kerja, faktor sekolah yang mempengaruhi perilaku membolos MNR dan FAD karena guru yang mengajar, metode mengajar yang digunakan tidak menarik. Setelah melakukan konseling dengan teknik kontrak perilaku maka perilaku MNR menjadi tidak membolos, tidak malas belajar, tidak tidur dikelas, tidak bersendau gurau, mengerjakan tugas pelajaran, melengkapi tugas yang belum dikerjakan. Begitu juga dengan FAD setelah dikonseling dengan teknik kontrak perilaku, FAD menjadi tidak membolos, tidak tidur dikelas, menghargai orang lain, memperhatikan dan mendengarkan guru.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Gudnanto, M.Pd., Kons. |
Kata Kunci: | Konseling Behavioristik,Teknik Kontrak Perilaku,Mengatasi Siswa Membolos. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:40 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:40 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
