Kurniawan, Epafras Fariz (2024) Teaching english vocabularies by applying duolingo application in smartphone for elementary school students. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Kosakata bahasa Inggris adalah kata dasar, seperangkat kata-kata yang akrab untuk pemula. Kata-kata sederhana yang berkembang seiring bertambahnya usia, berfungsi sebagai alat yang berguna dan mendasar untuk komunikasi dan memperoleh pengetahuan. Memperoleh kosakata yang luas adalah salah satu tantangan terbesar dalam mempelajari bahasa kedua. Hampir dari semua Negara menerapkan bahasa kedua terutama bahasa Inggris untuk komunikasi di seluruh dunia. Penelitian ini mengeksplorasi pengalaman siswa dalam menerapkan Aplikasi Duolingo untuk pembelajaran kosakata dan berfokus pada perbedaan signifikan dalam penguasaan kosakata sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan Aplikasi Duolingo. Dengan memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik, Duolingo memiliki potensi untuk mengatasi tantangan yang dihadapi siswa dalam belajar menghafal kosakata bahasa Inggris. Peserta dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas 5 SD Negeri Widorokandang di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Metode kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bermain Aplikasi Duolingo oleh Akun Peneliti di kelas untuk melihat hasil pengalaman subjek penelitian, kemudian siswa mencoba sendiri di smartphone mereka di rumah untuk belajar. Data dikumpulkan menggunakan pre-test dan post-test dengan siswa kelas 5 SD Negeri Widorokandang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 10 soal yang diatur. Hasil penelitian ini menunjukkan pengalaman negatif siswa dalam menerapkan Duolingo untuk mengajar Kosakata Bahasa Inggris. Berdasarkan pengalaman siswa menggunakan Duolingo, para siswa merasa itu adalah media pembelajaran yang interaktif dan menarik tetapi aneh untuk digunakan karena tidak efektif melatih keterampilan penguasaan kosakata bahasa Inggris.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Ahdi Riyono, S.S., M.Hum. Dosen Pembimbing: 2. Mutohhar, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kosakata Bahasa Inggris, Duolingo, Mengajar Bahasa Inggris untuk Pelajar Muda, Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 May 2025 04:35 |
Last Modified: | 14 May 2025 04:35 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23754 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
