YUDHISAPUTRI, NICKYTA (2024) He students’ anxiety in english speech project of english education department in universitas muria kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Kemampuan berbicara menjadi salah satu keterampilan paling penting dalam bahasa Inggris. Aspek ini sangat kompleks sehingga mempengaruhi siswa untuk berpikir negatif hingga pesimis terhadap kemampuannya yang menyebabkan mereka merasa khawatir dimana kendala ini sering terjadi ketika seseorang berkomunikasi dengan bahasa asing. Kondisi ini biasa disebut dengan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kecemasan dan mengetahui penyebab kecemasan dalam tugas pidato bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muria Kudus dengan fokus pada mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang telah mengambil mata kuliah Academic Speaking pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Pendekatan kualitatif dengan menggunakan metodologi studi kasus sesuai untuk melakukan penelitian ini. Data yang digunakan adalah analisis data campuran melalui metode kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berasal dari wawancara terhadap 15 siswa. Sedangkan data kuantitatif menggunakan 24 pernyataan berdasarkan skala Likert dimana peneliti juga menghitung validitas, reliabilitas, dan persentase jawaban dari 50 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus yang telah melaksanakan tugas pidato pada semester ganjil berada pada tingkat kecemasan sedang. Terdapat 90% siswa yang terdiri dari 45 siswa. Hasilnya dikonfirmasi melalui wawancara dimana tingkat kecemasan mereka dapat berubah berdasarkan persiapan mereka, siapa penontonnya, dan jumlah penonton di ruangan tersebut. Sebanyak 70% kecemasan siswa disebabkan oleh kecemasan menghadapi ujian. Berbagai penyebab lain juga dialami siswa, yaitu kurangnya perbendaharaan kata, takut salah, dan kurang percaya diri. Dampak yang terjadi yaitu secara fisiologis dan gangguan mental berada pada persentase seimbang yaitu sebesar 38%. Hal ini menunjukkan bahwa setiap siswa mengalami kedua dampak tersebut secara bersamaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi berbagai pihak. Siswa harus sering terlibat dalam latihan bahasa Inggris untuk meningkatkan kemahiran mereka dalam memilih kosa kata dan pengucapan bahasa inggris. Dosen hendaknya mendorong mahasiswa untuk menggunakan bahasa Inggris selama perkuliahan dan memberikan umpan balik yang konstruktif daripada kritik keras ketika mengatasi kesalahan. Penelitian ini dapat membahas lebih banyak aspek untuk mengembangkan topik ini lebih luas.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Atik Rokhayani,S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Titis Sulistyowati, S.S., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kecemasan, Pidato, Pertunjukan, Bahasa Inggris |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:28 |
Last Modified: | 15 May 2025 02:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23762 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
