Non-efl students’ perception of netflix as a digital efl learning aid for listening practice at umk broadcasting

MAWARINA, NOVA CANTIKA (2024) Non-efl students’ perception of netflix as a digital efl learning aid for listening practice at umk broadcasting. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Teknologi digital telah mempengaruhi proses pembelajaran bahasa Inggris secara signifikan. Penelitian ini menyelidiki persepsi mahasiswa non-EFL (English as a Foreign Language) tentang penggunaan Netflix sebagai alat pembelajaran digital untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan di Unit Kegiatan Mahasiswa UMK Broadcasting, Universitas Muria Kudus. Netflix menawarkan sumber konten audiovisual yang kaya untuk akuisisi bahasa, yang mendorong siswa untuk berlatih mendengarkan melalui platform streaming digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa non-EFL (English as a Foreign Language) tentang penggunaan Netflix sebagai alat bantu pembelajaran digital EFL untuk latihan menyimak di UMK Broadcasting. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan kuesioner dan wawancara dengan anggota Broadcasting UMK. Terdapat 40 peserta yang merupakan mahasiswa broadcasting yang terlibat dalam penelitian ini. Kuesioner mencakup pertanyaan tertutup dan item Skala Likert. Wawancara melibatkan tiga mahasiswa yang memungkinkan eksplorasi persepsi mahasiswa secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta menganggap Netflix sebagai platform yang nyaman dan menarik untuk berlatih mendengarkan bahasa Inggris. Beragam konten yang tersedia di platform ini memotivasi mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan Netflix dalam pembelajaran bahasa secara signifikan meningkatkan motivasi, kenyamanan, dan keterampilan mendengarkan mahasiswa. Penelitian ini menggarisbawahi manfaat positif dari integrasi materi audiovisual autentik dalam pembelajaran bahasa, karena siswa dapat memperoleh paparan internasional terhadap berbagai aksen dan konteks budaya. Integrasi Netflix ke dalam pengajaran bahasa berfungsi sebagai tambahan berharga untuk metode tradisional, menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Titis Sulistyawati, S.S., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Advisor Dr.Rismiyanto, S.S., M.Pd.
Kata Kunci: Mahasiswa Non-EFL, Mendengar, Netflix
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 May 2025 02:42
Last Modified: 15 May 2025 02:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23765

Actions (login required)

View Item View Item