He correlation between self-confidence and speaking ability of the eleventh-grade of muhammadiyah kudus high school students in the academic year 2023/2024

WENINGTYAS, HAPSARI (2024) He correlation between self-confidence and speaking ability of the eleventh-grade of muhammadiyah kudus high school students in the academic year 2023/2024. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Kepercayaan diri sangat penting untuk meningkatkan komunikasi, sehingga dapat memudahkan siswa untuk mencapai potensinya. Kepercayaan diri memengaruhi kinerja lisan dan dapat mengarah pada kemampuan berbicara yang lebih baik. Siswa harus berlatih untuk menyempurnakan kemampuan berbicara mereka, terutama dalam kefasihan berbahasa Inggris. Kemampuan berbicara sangat penting untuk komunikasi yang efektif, dan kurangnya kemampuan berbicara dapat menghambat komunikasi dalam bahasa asing. Partisipasi dalam kegiatan kelas dan berbagai kegiatan berbicara dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan berbicara mereka, yang pada akhirnya mengarah pada keberhasilan pembelajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kepercayaan diri dan kemampuan pada siswa kelas sebelas SMA Muhammadiyah Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kudus. Jumlah sampel adalah 33 siswa dari kelas XI F 02. Untuk mengumpulkan data, peneliti memberikan kuesioner dan tes berbicara kepada siswa pada hari yang sama. Data dianalisis dengan menggunakan rumus Pearson Correlation Product Moment untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara kepercayaan diri dengan kemampuan berbicara siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kudus. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,710 yang berarti rvalue lebih besar dari rtable (0,710 > 0,344). Dengan demikian, terdapat korelasi yang signifikan antara kepercayaan diri dengan kemampuan berbicara siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kudus. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan diri. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan diri, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian sebelumnya. Berbicara efektif melibatkan lebih dari sekadar tata bahasa dan kosakata. Kepercayaan diri merupakan faktor penting dalam mengembangkan kemampuan berbicara. Peneliti memberi saran agar siswa SMA Muhammadiyah Kudus meningkatkan kemampuan berbicara mereka untuk meningkatkan rasa percaya diri, serta melakukan penelitian lebih lanjut dengan tambahan instrumen dan sampel yang lebih besar untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Titis Sulistyowati, S.S., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Farid Noor Romadlon, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Korelasi, Kepercayaan Diri, Kemampuan Berbicara
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 May 2025 03:01
Last Modified: 15 May 2025 03:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23768

Actions (login required)

View Item View Item