Ilham Rizqina, Muhammad (2024) Enhancement of the eighth grade students’ english pronunciation through elsa speak application of smpn 1 bangsri jepara. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Pengucapan sama pentingnya dengan fitur bahasa Inggris lainnya, khususnya dalam komunikasi. Komunikasi dimungkinkan ketika pembicara dan pendengar terhubung. Pendengar akan mengerti jika kita mengucapkannya dengan benar, namun jika kita salah mengucapkannya maka akan terjadi kesalahpahaman. Dengan kata lain, pengucapan sangat penting untuk komunikasi yang efektif karena merupakan keterampilan komunikatif. Pengucapan bahasa Inggris bisa membingungkan karena variasi vokal dan konsonan. Hal ini menjelaskan mengapa penutur non-pribumi kesulitan dengan pengucapan bahasa Inggris, hal ini mencakup perhatian pada bunyi tertentu dari suatu bahasa, fitur segmental, fitur pengaturan suara, dan fitur prosodik. Aplikasi ELSA Speak sangat membantu dalam mengatasi ketidakbiasaan siswa dalam mempelajari cara mengucapkan kata-kata bahasa Inggris, yang merupakan masalah mendesak yang memerlukan perhatian cepat. Mempelajari pengucapan dan makna kosakata sangat penting bagi siswa yang ingin berbicara bahasa Inggris dengan aksen yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Aplikasi ELSA Speak sebagai alat pembelajaran dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan pengucapan bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP N 1 Bangsri tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah satu kelas siswa kelas VIII SMP N 1 Bangsri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pengucapan siswa antara pre-test dan post-test terlihat jelas, dengan nilai rata-rata meningkat dari 50,68 menjadi 74, nilai gain adalah 23,32. Sementara itu, hasil penyebaran kuesioner persepsi kepada siswa menunjukkan bahwa 87% sangat senang ketika memanfaatkan aplikasi ELSA Speak memberikan siswa kemudahan dan manfaat dalam meningkatkan keterampilan Pengucapan Bahasa Inggris mereka. Oleh karena itu, peneliti berharap penelitian ini dapat digunakan oleh guru bahasa Inggris sebagai salah satu teknik untuk memperkaya referensi tentang pengajaran pengucapan pada siswa kelas delapan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Rismiyanto, S.S., M.Pd., Dosen Pembimbing: 2. Rusiana, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | ELSA Speak, Pengucapan, Penelitian Tindakan. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 May 2025 04:14 |
Last Modified: | 15 May 2025 04:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
