Safinatun Naja, Kirana Tania (2024) The effectiveness of using digital comic books for teaching narrative text to the tenth grade students of smk pgri 2 kudus in the 2023/2024 academic year. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Proyek penelitian ini menggunakan buku komik digital dalam teks naratif untuk menguji kemampuan pemahaman membaca siswa. Pemilihan subjek ini berawal dari fakta bahwa pemahaman membaca adalah salah satu masalah yang paling sering dihadapi siswa. Membaca adalah salah satu dari empat keterampilan bahasa Inggris yang penting yang harus dikuasai oleh siswa. Menurut para peneliti, membaca pemahaman harus dikuasai oleh mereka yang belajar bahasa Inggris. Salah satu cara untuk mengajarkan membaca adalah melalui penggunaan buku komik digital dalam teks naratif dalam proses pendidikan. Siswa kelas sepuluh SMK PGRI 2 Kudus menjadi subjek penelitian. Tiga puluh siswa dari kelas AKL 1 hadir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan atau tidak dalam pengajaran teks naratif siswa kelas sepuluh SMK PGRI 2 Kudus pada tahun ajaran 2023/2024 antara sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan komik digital. Desain pra-eksperimental adalah metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Tes sebelum dan sesudah digunakan untuk mengumpulkan data. Peneliti melakukan pre-test, treatment, dan post-test untuk mengumpulkan data. Pertama, peneliti melakukan pre-test sebelum perlakuan. Kemudian langkah terakhir setelah perlakuan adalah post-test. Hasilnya menunjukkan bahwa rata-rata post-test adalah 80,17 dan rata-rata skor pre-test adalah 47,33. Nilai t-tabel dengan tingkat signifikansi (α) 0,05 dengan derajat kebebasan (df) = n-1 = 24-1 = 23 adalah 2,06866. Hasil perhitungan t menunjukkan bahwa t hitung sebesar 17,728 dan t tabel sebesar 2,06866. Ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam pengajaran teks naratif siswa kelas sepuluh SMK PGRI 2 Kudus pada tahun ajaran 2023/2024 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan komik digital. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa menggunakan buku komik digital adalah media yang efektif untuk siswa kelas sepuluh di SMK PGRI 2 Kudus untuk meningkatkan pemahaman membaca.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Muh Syafei, M. Pd. Dosen Pembimbing: 2.Rusiana, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Membaca, Buku Komik Digital, Teks Naratif, Keterampilan Bahasa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 May 2025 04:32 |
Last Modified: | 15 May 2025 04:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
