Satyadari, Cici Fitria (2024) The use of popular english song lyrics to teach vocabulary for the 10th grade students of senior high school of sman 2 bae kudus in academic year 2023/2024. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Peneliti melakukan penelitian ini karena masih banyak siswa khususnya siswa kelas X SMAN 2 Bae Kudus yang mengalami beberapa kesulitan dalam mengingat dan memahami kosakata, atau dengan kata lain siswa mempunyai keterbatasan kosakata. Untuk meningkatkan penguasaan kosakata mereka, diperlukan media yang efektif untuk memecahkan masalah ini. Lirik lagu bahasa Inggris populer dapat menjadi media yang baik dan efektif untuk mengajarkan kosa kata kepada siswa karena media ini mudah diakses. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap penguasaan kosakata siswa sebelum dan sesudah diajar menggunakan lirik lagu bahasa Inggris populer pada siswa kelas sepuluh SMAN 2 Bae Kudus pada tahun ajaran 2023/2024. Peneliti melakukan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain pre eksperimental dengan one group pre-test and post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Bae Kudus tahun ajaran 2023/2024 dan mengambil kelas XE7 sebagai sampel penelitian ini, yang terdiri dari 36 siswa, 16 laki-laki dan 20 perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tes kosakata sebagai instrumen penelitiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 62.2 dan nilai rata-rata post-test adalah 80.9. Artinya, nilai rata-rata post-test lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pre-test. Selain itu, pengujian hipotesis menunjukkan hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 lebih kecil dari taraf signifikansi (α) = 0.05 (0.000 < 0.05). Hasil nilai thitung sebesar 16.907. Lebih tinggi dari t-tabel 2.030 dengan derajat kebebasan (df) n-1 = 35 dan tingkat signifikan (α) = 0.05. Thitung > Ttabel (16.907 > 2.030). Artinya hipotesis nol (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan kosakata siswa sebelum dan sesudah diajar menggunakan lirik lagu bahasa Inggris populer oleh siswa kelas sepuluh SMAN 2 Bae Kudus pada tahun ajaran 2023/2024. Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada guru bahasa Inggris agar penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk pengajaran kosakata
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Diah Kurniati, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Muh Syafei, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kosakata, Lagu Bahasa Inggris, Lirik Lagu, Pengajaran |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 May 2025 06:33 |
Last Modified: | 15 May 2025 06:33 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
