Millatul Ummah, Yulia Putri (2024) The effectiveness of using picture series in teaching writing recount text for tenth-grade students of sma n 1 welahan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Dalam kurikulum nasional Indonesia, salah satu keterampilan penting yang harus diajarkan guru di sekolah adalah menulis. Untuk mendorong minat siswa dalam menulis, peneliti menggunakan seri gambar dalam pengajaran menulis teks recount. Seri gambar adalah sekelompok gambar yang mengilustrasikan adegan adegan berkesinambungan dari sebuah cerita dengan struktur substansial. Seri gambar direkomendasikan sebagai media dalam pengajaran menulis teks recount karena diasumsikan bahwa siswa akan mempelajari konteks bahasa baru dan gambar dapat membantu mereka memahami konteks umum yang lebih luas, yang mungkin berisi visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan seri gambar dalam pengajaran menulis teks recount untuk siswa kelas X SMA N 1 Welahan sebelum dan sesudah menggunakan seri gambar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Ada dua variabel dalam penelitian ini, yaitu gambar seri dan keterampilan menulis teks recount siswa. Peneliti mengambil dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) sebagai sampel. Sampel penelitian ini adalah 72 siswa kelas X SMA N 1 Welahan. Hasil perhitungan t diperoleh thitung sebesar 21,045 dan t-tabel sebesar 2,042. Nilai t-hitung lebih tinggi dibandingkan dengan ttabel (21,045 > 2,042). Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pre test dan post-test kelas eksperimen sebelum dan sesudah diajar menggunakan gambar seri. Hasil perhitungan uji-t sebesar 2,807, sedangkan nilai kritis taraf signifikan α 0,05 sebesar 2,000. Kesimpulan dari analisis data adalah nilai t-hitung lebih tinggi dibandingkan t-tabel. Artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima dan pengajaran dengan menggunakan gambar seri lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional menulis teks recount. Oleh karena itu, peneliti berharap penelitian ini dapat bermanfaat bagi guru bahasa Inggris sebagai referensi untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks recount agar lebih efektif dan efisien.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Ahdi Riyono, S.S., M.Hum. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Fitri Budi Suryani, S.S., M.Pd |
Kata Kunci: | Menulis, Gambar Seri, Teks Recount |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 May 2025 07:51 |
Last Modified: | 15 May 2025 07:51 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
